Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Keragaman Sebagai Sunnatullah Melalui Model InquiryBerbantuan Media Audio Visual Di Kelas IV UPTD SD Negeri 3 Peusangan Selatan
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Keragaman sebagai Sunnatullah, Model InquiryAbstrak
Penelitian ini di latarbelakangi karena hasil belajar siswa rendah disebabkan penjelasan guru pada materi Keragaman sebagai Sunnatullah, siswa kurang memahami penjelasan guru, maka peneliti menggunakan model pembelajaran Inquiri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa kelas IV UPTD SD Negeri 3 Peusangan Selatan pada materi Keragaman sebagai Sunnatullah dengan model Pembelajaran Inquiri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV UPTD SD Negeri 3 Peusangan Selatan berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data. Teknik analisis data adalah tes hasil belajar, tes aktivitas guru dan siswa dan tes respon siswa. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa: Peningkatan hasil belajar siswa terjadi peningkatan mulai dari Siklus I sebesar 55,55% menjadi 88,88% pada Siklus II, dari hal tersebut diperoleh bahawa tingkat peningkatan sebesar 33,33%. Peningkatan aktivitas belajar mengajar antara guru dan siswa telah berlangsung dengan baik. Ini terlihat dari hasil observasi Siklus I dan II mengalami peningkatan dari pihak guru pada Siklus I persentase sebesar 81% pada Siklus II naik menjadi 92%. Sedangkan dari pihak siswa pada Siklus I 78% juga mengalami peningkatan pada Siklus II menjadi 91%. Peningkatan hasil analisis respon siswa secara umum siswa menyukai belajar dengan strategi pembelajaran Inquiry. Dimana kriteria ya diperoleh nilai rata sebesar 78,67%, dan pada kriteria tidak diperoleh 12,17%. Maka secara keseluruh diperoleh bahwa respon siswa pada pembelajaran yang dilaksanakan peneliti menggunakan strategi inquiry sangat disukai oleh siswa.
Unduhan
Referensi
Ananda, (2017), Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Bangkinang Kota, Jurnal Basicedu, Vol 1, Nomor 1,tahun 2017.
Antara. 2018. Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inspirasi Inovasi Industri Kreatif. Makalah: https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/db7cc0c7f6477f8e3a4b9e813a75a1a2.pdf.
Arikunto, S. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Carlucy, Suadnyana, & Negara. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu Undiksha, 23(2), 162–169. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416.
Daryanto. 2015. Pengelolaan Budaya Dan Iklim Sekolah. Yogjakarta: Gava Media
Dwikurnia. 2023. Analisis Hasil Belajar Peserta didik Kelas X Pada Materi Fungsi Kuadrat Ditinjau Melalui Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Gunung Djati Conference Series, Volume 31.
Hamalik , Oemar. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.
Indriyani, D., Mawardi, M., & Wardani, K. W. 2019. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Inkuiri Berbantuan Media Konkret pada Peserta didik Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 05 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basicedu, 3(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.74.
Iqbal, M., Judijanto, L., Fauzi, M. S., & Prananda, G. (2024). The Influence of The Student Facilitator and Explaining Model in Differentiating IPAS Learning in The Independent Curriculum in Primary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(SpecialIssue), 59-66.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik. Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Lasmawan, I Wayan. 2016 . Pendidikan IPS. Singaraja: Mediakom Indonesia Pers.
Lubis, R. D., Iqbal, M., & Wahyuni, S. (2024). The Influence of Gadget Use and Teacher Creativity Through Motivation on Students Learning Outcomes of Science. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(9), 6287-6297.
Mulyasa, E. 2016. Menjadi Guru Profesional, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya offset
Murda, I. N & Yudiana, I K. E. 2016. Buku Ajar Pendidikan IPS SD. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Nurjanah. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menerapkan Metode Inkuiri Siswa Kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki kota parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan. Volume VI Nomor 2 Juni 2016 https://doi.org/10.26858/publikan.v6i2.1899.
Prasetya, P. S. 2014. Media Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Ombak.
Purwanto, N. 2015. Psikologi Pendidikan. Bandug: PT. Remaja Rosdakarya.
Rasidah, R., Iqbal, M., & Najmuddin, N. (2024). Strengthening Character Education Through the Application of Religious Culture to Support the Pancasila Student Strengthening Project (P5) in Junior High Schools. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 6(1), 176-196.
Rifai, M. H. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Mitigasi Bencana pada Mahasiswa Pendidikan Geografi. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3, 62-69.
Rosdijati, 2015.Erlangga Straight Poin Series Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Erlangga, 2015.
Sanjaya.2017. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Shilphy A. Octvia. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama.
Sidiq dkk. 2019. Model Belajar Mengajar: Menjadi Guru Sukses. Yayasan Kita Menulis.
Sudjana. 2015. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar. Baru Algensindo.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sulfemi dan Nurhasanah. 2018. Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS, Jurnal Pendas Mahakam,Vol 3 No 2 ,Tahun 201, hal 151-158.
Susilo, Sigit Vebrianto. 2020. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol.6 No.2.
Syahputra, E. 2020. Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.
Zani, R., Safitri, R., & Adlim. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Peserta didik. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(2), 56–63. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.11622.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muryadi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.