UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIUPTD SMP NEGERI 1 PEUSANGAN SELATAN PADA MATERI ASMAUL HUSNA MENGGUNAKAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPENUMBEREDHEAD TOGETHER (NHT)
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Model Numbered Head Together, Asmaul HusnaAbstrak
penjelasan guru, peserta didik yang kurang mandiri dalam pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik pun masih kurang pelajaran sehingga peneliti menggunakan model pembelajaran NHT. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui:peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Asmaul Husna di kelas VIIUPTD SMP Negeri 1 Peusangan Selatan menggunakan model pembelajaran numbered head together. Aktivitas guru dan peserta didik pada materi Asmaul Husna melalui penggunaan model pembelajaran numbered head together di kelas VIIUPTD SMP Negeri 1 Peusangan Selatan. Respon peserta didik pada pada materi Asmaul Husna melalui penggunaan model pembelajaran numbered head together di kelas VIIUPTD SMP Negeri 1 Peusangan Selatan.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Data sumber penelitian adalah peserta didik kelas VIIUPTD SMP Negeri 1 Peusangan Selatan berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji ketuntasan dan uji persentase jawaban pengamat dan peserta didik. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 64,70% dan siklus II diperoleh 88,24 mengalami peningkatan sebesar 23,54%. Hal ini, berarti pembelajaran menggunakan Numbered Head Together sudah dapat meningkatkan hasil belajar konsep siswa pada materi Asmaul Husna. Hasil aktivitas belajar mengajar antara guru dan siswa telah berlangsung dengan baik. Ini terlihat dari hasil observasi siklus I dan II mengalami peningkatan dari pihak guru pada siklus I persentase sebesar 69,17% pada siklus II naik menjadi 83,89% ke siklus II. Sedangkan dari pihak siswa pada siklus I 67,50% juga mengalami peningkatan pada siklus II menjadi82,78% ke siklus II. Hasil respon siswa yang diperoleh bahwa pada kategori ya diperoleh presentase sebesar 79,87% dan tidak sebesar 20,13%. Hal ini terlihat, dari keiikutsertaan siswa dalam proses pembelajaran selama guru menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Siswa senang dan menyukai belajar menggunakan model pembelajaran
Unduhan
Referensi
Aqib. 2018. Teori dan Alikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta. Deepublish.
Arikunto, 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Aristanto, A., Maq, M. M., Iqbal, M., Prananda, G., &Efrina, G. (2024). NEW LEARNING PARADIGM THROUGH KURIKULUM MERDEKA IN PRIMARY SCHOOLS.Pendas: JurnalIlmiah Pendidikan Dasar,9(1), 5398-5408.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi. Matangglumpangdua
Giyarto. 2017. Buku Guru Selalu Berhemat Energi. Klaten. Saka Mitra Kompetensi.
Iqbal, M., Najmuddin, N., &Syafawi, Q. (2024). The Impact of Rewards and Punishments on Enforcing Santris' Discipline at DayahTerpaduJami'ahAzzanjabil.MUHARRIK: JurnalDakwah dan Sosial,7(1), 73-94.
Iskandar. 2017. Modul Tema V: Energi di sekitarku. Kementrian Pendidikandan kebudayaan.
Jihan. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Nazaruddin, N., Muharramsyah, R., & Iqbal, M. (2024). PENERAPAN MODEL BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN NISAM ANTARA.Dharmas Education Journal (DE_Journal),5(1), 219-228.
Nurdin. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. (Cet. Ke-II). Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada.
Rogahang, S. S., Paramansyah, A., Zaelani, K., Iqbal, M., &Judijanto, L. (2024). Inclusive Education Practices: Fostering Diversity and Equity in the Classroom.Global International Journal of Innovative Research,1(3), 260-266.
Ruswandi. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Insan Mandiri.
Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. (Cet.ke-IV). Jakarta. Kencana.
Thobroni. 2013. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. (Cet. Ke-II). Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sri Yanti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.