PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III UPTD SD NEGERI 7 PEUSANGAN SELATAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI ASMAUL HUSNA

Penulis

  • Rosmaliah

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Model Project Based Learning, Asmaul Husna

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi karenasiswa pada saat pelaksanaan guru menjelaskan siswa sibuk dengan hal yang lain, siswa yang kurang mandiri dalam pembelajaran sehingga siswa tidak mampu berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pun masih kurang pelajaran sehingga peneliti menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa kelas III UPTD SD Negeri 7 Peusangan SelatanĀ  pada materi Asmaul husna dengan model pembelajaran Project Based Learning. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas III UPTD SD Negeri 7 Peusangan Selatan berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes, lembar observasi dan angket. Teknik analisis data adalah tes hasil belajar, tes aktivitas guru dan siswa dan tes respon siswa. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa: Hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada materi Asmaul husna di kelas III UPTD SD Negeri 7 Peusangan Selatan ada peningkatan dengan presentase setiap adalah sebagai berikut siklus I 52,63% meningkat menjadi 89,47% pada siklus II. Peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa pada pokok Asmaul husna. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus mengalami peningkat baik pada guru maupun pada proses siswa mengikuti pembelajaran.Respon siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning pada materiAsmaul husna menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal ini dapat dilihat dengan jumlah respon siswa sudah mengalami peningkatan yang signifikan terhadap proses pembelajaran yang diberikan guru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Rosmaliah

SD Negeri 7 Peusangan Selatan

Referensi

Anggraini. 2021. Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based LearningDalam Peningkatan Keaktifan Siswa.Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 9, Nomor 2, 2021.

Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Febryananda, I. P. 2019. Pengaruh Metode Pembelajaran Sosiodrama terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI OTKP pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pelayanan Prima kepada Pelanggan di SMKN 2 Kediri.Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 07(04), 170-174.

Jagantara. 2014. Pengaru Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi ditinjau dari Asmaul husna Belajar Siswa SMA. E-Journal Program Pascasarjana. Vol. 4.

Kristanti. 2016. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran Fisika Vol. 5 No. 2 Hal 122-128.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyadi. 2015. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 22, Nomor 4.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar: Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Qadar. 2015. Mengakses Aspek Afektif dan Kognitif pda Pembelajaran Optikal dengan Pendekatan Demontrasi Interaktif. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Vol 2 No. 1.

Rasidah, R., Iqbal, M., &Najmuddin, N. (2024). Strengthening Character Education Through the Application of Religious Culture to Support the Pancasila Student Strengthening Project (P5) in Junior High Schools.Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme,6(1), 176-196.

Raymond, Chang. 2004. Konsep-konsep Inti Jilid 3. Penerbit Erlangga: Jakarta.

Suciani. 2018. Pemahaman Model Pembelajaran Sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner. Vol. 7, No. 1, April 2018.

Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Surya. 2015. Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Syah Muhibbi, 2015. Psikolgi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wena. 2009. Model Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. KonseptualOperasional. Jakarta: PT. BumiAksara.

Diterbitkan

2024-02-02

Cara Mengutip

Rosmaliah. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III UPTD SD NEGERI 7 PEUSANGAN SELATAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI ASMAUL HUSNA. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 8(1). Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/2947

Terbitan

Bagian

Artikel Penelitian