PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGPADA MATERI KETENTUAN PUASA DI KELAS IV UPTD UPTD SD NEGERI 1 PEUSANGAN SELATAN
Kata Kunci:
Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Siswa, Ketentuan Puasa, UPTD SD Negeri 1 Peusangan SelatanAbstrak
Proses pembelajaran di UPTD SD Negeri 1 Peusangan Selatan sudah baik, akan tetapi guru masih menggunakan model pembelajaran yang menoton yaitu menggunakan model pembelajaran konvensional, jika dalam proses pembelajaran yang menoton kecenderungan proses pembelajaran teacher centered kondisi ini membuat proses pembelajaran hanya dikuasai guru, siswa hanya mendegarkan saja apa yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 1 Peusangan Selatan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi Ketentuan Puasa.2) untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 1 Peusangan Selatan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi Ketentuan Puasa. 3) untuk mengetahui respon peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 1 Peusangan Selatan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi Ketentuan Puasa. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action researc). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Kemampuan belajar siswa yang dipoeroleh pada siklus I dengan persentase 61% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 28,9% menjadi 88,9% dan tergolong dalam kategori sangat baik, 2) Aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran materi Ketentuan Puasa dengan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan guru dan siswa dalam bekerja sama dan memecahkan masalah serta menyajikan hasil diskusi hasil karya, 3) Respon siswa pada materi Ketentuan Puasa dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning pada dua siklus secara umum memberikan respon yang sangat baik.
Unduhan
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Putra.
Aristanto, A., Maq, M. M., Iqbal, M., Prananda, G., & Efrina, G. (2024). NEW LEARNING PARADIGM THROUGH KURIKULUM MERDEKA IN PRIMARY SCHOOLS.Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,9(1), 5398-5408.
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alphabeta.
Khairani. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Moleong, J. Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rasidah, R., Iqbal, M., & Najmuddin, N. (2024). Strengthening Character Education Through the Application of Religious Culture to Support the Pancasila Student Strengthening Project (P5) in Junior High Schools.Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme,6(1), 176-196.
Rianto. 2016. Pembelajaran Berbasis Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subana. 2016. Statistika Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono, A. 2015. Cooperatif Learning Teori dan Amplikasi Paikem. Yogjakarta: Pustaka Belajar.
Trianto. 2015. Mendesaian Model-Model Pembelajaran Inovatif/Progresif. Jakarta: Predana Media Group.
Usman. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Unsyiah: Banda Aceh.
Wena. 2018. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rahmayani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.