PENGGUNAAN PEMBELAJARANMASTERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMANPADA MATERIPUASA RAMADHAN DI KELAS IVUPTD SD NEGERI 1 PEUSANGAN SELATAN
Kata Kunci:
Pemahaman Konsep, Mastery Learning, Puasa Ramadhan.Abstrak
Penelitian ini dilatar belakang oleh kemampuan siswa kelas IV UPTD SD Negeri 1 Peusangan Selatan pada materi puasa ramadhan yang masih tergolong rendah disebabkan kegiatan pembelajaran lebih banyak guru yang menjelaskan sedangkan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan tidak terlibat aktif dengan menggunakan model mastery learning diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatanpemahaman konsep siswa, aktivitas guru dan siswa, respon siswa pada materi puasa ramadhan di kelas IV UPTD SD Negeri 1 Peusangan Selatan. Pendekatanyang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan angket.Peningkatkan pemahaman konsep siswa di kelas IV UPTD SD Negeri 1 Peusangan Selatan melalui model pembelajaran model belajar tuntas (Mastery Learning) pada materi siklus I sebesar 44,44% meningkat menjadi 88,89% siklus II. Peningkatkan aktivitas guru dan siswa pada materi Puasa Ramadhan melalui model pembelajaran model belajar tuntas (Mastery Learning) di kelas IV UPTD SD Negeri 1 Peusangan Selatan sebesar 77% pada tindakan I siklus I dan tindakan II siklus I sebesar 81% meningkat menjadi 94% pada tindakan I siklus II serta 99% pada tindakan II siklus II untuk aktivitas guru. Sedangkan aktivitas siswa sebesar 76% pada tindakan I siklus I dan tindakan II siklus I sebesar 78% meningkat menjadi 93% pada tindakan I siklus II serta 96% pada tindakan II siklus II. Peningkatkan respon siswa pada materi Puasa Ramadhan melalui model pembelajaran model belajar tuntas (Mastery Learning) di kelas IV UPTD SD Negeri 1 Peusangan Selatansangat setuju sebesar 20% dan respon setuju sebesar 46%, pada respon kurang setuju sebesar 26%, serta respon tidak setuju sebesar 8%
Unduhan
Referensi
Antasari dan Pangaribuan. 2015.Pengaruh Model Pembelajaran Core Didukung Teori Belajar Brunner untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep.Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan, Vol. 1, No. 3, 2015.
Arikunto. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aristanto, A., Maq, M. M., Iqbal, M., Prananda, G., &Efrina, G. (2024). NEW LEARNING PARADIGM THROUGH KURIKULUM MERDEKA IN PRIMARY SCHOOLS.Pendas: JurnalIlmiah Pendidikan Dasar,9(1), 5398-5408.
Awanda. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: FKIP.
Azizah. 2021. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas) Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VII DI MTS Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Ekasari. 2021. Penerapan Metode Circuit Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 2 No. 2
Hasibuan, F. A., & Hutabarat, H. D. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Merumuskan Hipotesis Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Sibolga.PeTeKa: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(1), 22–29.
Latriningsih. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Mastery learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu. JurnalMimbarIlmu, Vol. 24 No. 2, 2019
Lukman, D.W., Sumiarta, S., Suardana, I.W., 2007. Isolasi dan Identifikasi Escherichia coli 0157:H7 pada Daging Sapi di Kabupaten Badung Provinsi Bali.Jurnal Veteriner, 8 (1): 16-23.
Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muhidin. 2019. Pengembangan Pembelajaran Mastery Learning Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 21, No. 1
Mulyasa, E. 2016. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.
Murizal. 2012. Pemahaman konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching.Jurnal Pendidian Matematika. Vol 1 No.
Rizal, M., Najmuddin, N., Iqbal, M., &Zahriyanti, Z. (2023). Penanaman Nilai-Nilai AkhlakMelalui Platform Digital TerhadapSiswa SD/MI di KabupatenBireuen.EdukasiIslami: Jurnal Pendidikan Islam,12(01).
Susanto Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tembang. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Peserta didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Sekolah Dasar.Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 3, Number 2, Tahun 2019, pp. 230-237
Triwahyuni Eges. 2017. Pengaruh Pemahaman Konsep IPA Melalui Pendekatan Discovery Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Inovasi 19 (1), 1-7.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Kismawati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.