Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak E-Quickcount Pada Pemilihan Umum Di Kabupaten Bener Meriah
Kata Kunci:
Pemilu, Quick Count, TPS, Web Service, AndroidAbstrak
Quick count merupakan proses perhitungan cepat hasil dari suatu voting atau dewasa ini sering dikaitkan dengan proses perhitungan cepat Hasil Pemilu di Indonesia. Selama ini, teknologi yang digunakan oleh Lembaga Survei berupa Teknologi SMS (Short Message Service) yang didukung program SMS- Gateway dan pengolahan datanya secara manual oleh para admin di kantor pusat data. Teknologi ini memiliki beberapa kekurangan, yaitu dibutuhkan banyak SDM di kantor pusat data, belum lagi SDM yang diterjunkan ke lapangan atau TPS sampel. Karena proses pengolahannya masih manual sehingga dibutuhkan jeda waktu atau waktu lebih dari selesainya proses menghitung di TPS hingga penampilan hasil perhitungannya di media. Aplikasi ini akan digunakan oleh petugas di TPS sampel untuk memasukkan nilai perolehan suara pasangan calon lalu langsung mengunggahnya untuk diolah di web service. Data hasil olahan web service akan langsung ditampilkan di aplikasi web dalam bentuk grafik dan tabel, sehingga tidak ada waktu yang terbuang dan hasil bisa langsung segera diketahui oleh masyarakat umum. Dengan diterapkannya aplikasi e- QuickCount ini pada proses perhitungan suara Pemilu yang ada di Indonesia, waktu perhitungan tersebut bisa dipangkas habis, karena data unggahan dari petugas langsung diolah di web service dan langsung ditampilkan juga ke aplikasi web. Karena semua proses diolah oleh komputer, maka jumlah SDM dapat ditekan hanya untuk petugas lapangan dan admin aplikasi web saja, sehingga baik waktu maupun biaya bisa lebih diminimallkan.
Unduhan
Referensi
Basuki, A. Pengembangan Perangkat Lunak. Bener Meriah: Institut Teknologi Sepuluh
November. 2006.
Ferdianto, Y. Website. Retrieved from Cara Web:
http://www.carawebs.info/2013/02/pengertian-website.html. 2013.
Harkam. Arti dan Tujuan Pengujian Sistem. Retrieved from Tutorial Bagi Pemula:
http://harkam.wordpress.com/2011/01/29/arti-dan-tujuan-pengujian- sistem/ 2011.
Indra. 2013, Apliklasi Quick Count untuk Pilkada dengan Metode Systematic Random
Sampling Berbasis SMS. Jakarta Selatan.
Rosa, & Muhammad Shalahuddin. 2011, Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak
(Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Penerbit Modula.
Sangadji, Etta Mamang, & Sopiah. 2010, Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam
Penelitian. Malang: Penerbit Andi.
Shalahuddin, Muhammad. 2009, Pembuatan Model E-Voting Berbasis Web. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Sindi, A. 2011, Teknik Pengolahan Data Deskriptif. Retrieved from Dunia Pendidikan:http://cahayalaili.blogspot.com/2011/05/teknik-pengolahan-datadeskriptif.html. 2011.
Suhardy. Metodologi, Strategi (Tahapan) dan Metode (teknik). Retrieved from http://boyhardy.wordpress.com/2009/03/14/metodologi-strategi-tahapan- dan metode- teknik-penelitian/. 2009.
Wardana. 2010. Menjadi Master PHP dengan Framework Codeigniter. Jakarta: PT. Elex
Media Komputindo.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Heri Gustami, M Syahrial
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.