Implementasi Desain 3d Environment Menggunakan Teknik Penerapan Tekstur Objek Lowpoly Pada Film Animasi Nano Millenial Force

Penulis

  • T. Rafli Abdillah Universitas Almuslim

Kata Kunci:

3D Environment Design, Low Poly Tekstur, Efisiensi Produksi Animasi.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan teknik tekstur low-poly dalam desain lingkungan 3D pada produksi film animasi "Nano Millenial Force". Teknik ini digunakan sebagai strategi untuk mengurangi kompleksitas geometris dan meningkatkan efisiensi kinerja komputer selama proses rendering. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi langsung, analisis dokumen, dan wawancara dengan anggota tim produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik low-poly berhasil mengurangi waktu rendering tanpa mengorbankan kualitas visual secara signifikan. Meskipun terdapat beberapa tantangan dalam penerapan teknik ini, seperti penyesuaian tekstur pada objek dengan detail tinggi, hasil akhirnya menunjukkan bahwa teknik ini efektif dalam meningkatkan efisiensi produksi animasi. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam bidang animasi digital, terutama dalam pengembangan teknik yang memungkinkan produksi animasi yang lebih efisien dan hemat biaya, serta memberikan panduan praktis bagi profesional dalam industri animasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

T. Rafli Abdillah, Universitas Almuslim

Mazaya, N. N. N., Fadila, J. N., & Nugroho, F. (2021). Perancangan Film Animasi 3D Nikmatnya Sholat Tahajud Menggunakan Metode Pose–to–Pose. Jstie (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal), 9(2), 78. https://doi.org/10.12928/jstie.v9i2.20882

Mourkoussis, N., Rivera, F., Trościanko, T., Dixon, T. D., Hawkes, R., & Mania, K. (2010). Quantifying Fidelity for Virtual Environment Simulations Employing Memory Schema Assumptions. Acm Transactions on Applied Perception, 8(1), 1–21. https://doi.org/10.1145/1857893.1857895

Otaduy, M. Á., & Lin, M. C. (2006). A Modular Haptic Rendering Algorithm for Stable and Transparent 6-Dof Manipulation. Ieee Transactions on Robotics, 22(4), 751–762. https://doi.org/10.1109/tro.2006.876897

Singh, V., & Thurman, A. C. (2019). How Many Ways Can We Define Online Learning? A Systematic Literature Review of Definitions of Online Learning (1988-2018). American Journal of Distance Education, 33(4), 289–306. https://doi.org/10.1080/08923647.2019.1663082

Wong, G., & Wang, J. (2010). Dynamics of 3D Polygonal Rendering. https://doi.org/10.1109/sibircon.2010.5555085

Xu, H., & Chen, B. (2004). Stylized Rendering of 3D Scanned Real World Environments. https://doi.org/10.1145/987657.987662

Ye, S., Wu, T., Jarvis, M. F., & Zhu, Y. (2020). Digital Reconstruction of Elmina Castle for Mobile Virtual Reality via Point-Based Detail Transfer. https://doi.org/10.48550/arxiv.2012.10739

Zhang, F., Huang, H., Zhang, Z., Fang, W., & Li, D. (2012). High Precision Texture Reconstruction for 3d Sculpture Model. The International Archives of the Photogrammetry Remote Sensing and Spatial Information Sciences, XXXIX-B5, 139–143. https://doi.org/10.5194/isprsarchives-xxxix-b5-139-2012

Diterbitkan

2024-08-11

Cara Mengutip

Abdillah, T. R. (2024). Implementasi Desain 3d Environment Menggunakan Teknik Penerapan Tekstur Objek Lowpoly Pada Film Animasi Nano Millenial Force. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 8(2). Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/2784

Terbitan

Bagian

Artikel Penelitian