PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 BIREUEN

Penulis

  • Zulfikar Zulfikar

Kata Kunci:

Lingkungan Belajar, Disipin, Prestasi Belajar.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan disiplin terhadap prestasi belajar di kelas XI SMA Negri 2 Bireuen. Indikator keberhasilan siswa dalam belajar dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang tinggi. Berdasarka data empirik, diperoleh informasi bahwa hasil belajar Ekonomi siswa di SMA Negeri 2 Bireuen belum terlalu optimal. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah lingkungan belajar dan disiplin belajar siswa yang kurang maksimal. Penelitian ini adalah penelitian kuntitatif asosiatif yaitu penelitian yang menanyakan dua hubungan variabel. Subjek penelitian siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bireuen dengan jumlah 203 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS dan MIA dengan jumlah 45 siswa. Dari hasil pengolahan data X dan Y : Diterima Ha bila t-hitung ≥ t-tabel dan diterima Ho bila t-htung ≤ t-tabel. Harga t-hitung yang diperoleh adalah 2,0714 ≥ 2,0153. Dengan demikian hipotesis alternative yang telah dirumuskan yaitu”Adanya pengaruh positif lingkungan belajar dan disiplin terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Bireuen.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Zulfikar Zulfikar

Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Al-Muslim

Diterbitkan

2023-02-27

Cara Mengutip

Zulfikar, Z. (2023). PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 BIREUEN. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 6(5). Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/1748

Terbitan

Bagian

Artikel Penelitian