PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-8 SMPN 8 MEDAN

Penulis

  • Deni Adriaini
  • Juli Meliana Silaban

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan hasil belajar model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas VII SMP Negeri 8 Medan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMP Negeri 8 Medan?, Bagaimanakah hasil belajar dari penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMP Negeri 8 Medan?, Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengansiklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 SMP Negeri 8 Medan yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data melalui metode tes yang diperoleh dari setiap tindakan. Dari analisis data siklus I menunjukkan hasil belajar sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75, hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai siswa pada siklus>75 sebanyak 5 siswa (16,13%) dan siswa yang memperoleh nilai<75 sebanyak 26 siswa (83.83%) dengan rata-rata kelas 53,22%. Sedangkan nilai post test pada siklus II siswa yang memperoleh nilai<75 sebanyak 0 siswa (0%) dan siswa yang memperoleh nilai>75 sebanyak 31siswa (93,21%), dengan rata-rata kelas 100%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan presentase ketuntasan 100%. Hal ini berdasarkan criteria ketuntasan minimum yang telah terpenuhi yaitu 75. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran problem Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Terpadu di kelas VII-8 SMP Negeri 8 Medan Tahun ajaran 2018/2019

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Deni Adriaini

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Juli Meliana Silaban

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Diterbitkan

2022-05-31

Cara Mengutip

Adriaini, D., & Silaban, J. M. (2022). PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-8 SMPN 8 MEDAN. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 6(2), 1–4. Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/1177

Terbitan

Bagian

Artikel Penelitian