PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII/5 SMP NEGERI 2 PEUSANGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Tihajar Tihajar

Keywords:

Hasil Belajar, Materi Persamaan Linear Dua Variabel, Pembelajaran Direct Instruction

Abstract

Berdasarkan pengalaman penulis selama melaksanakan kegiatan pembelajaran bidang studi matematika di SMP Negeri 2 Peusangan,penulis melihat bahwa bahwa hasil belajar siswa Kelas VIII/5 di sekolah tersebut pada materi persamaan linear dua variabel masih rendah. Alternatif pemecahan masalah yang penulis pilih dalam pelaksanaan penelitian ini adalah dengan cara melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini meliputi (1) hasil tes dan (2) hasil pengamatan (observasi), Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII/5  SMP Negeri 2 Peusangan tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 26 orang. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian yang telah penulis lakukan di kelas VIII/2 SMP Negeri 2 Peusangan tahun pelajaran 2019/2020 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi persamaan linear dua variabel dapat ditingkatkan dengan menggunkan model pembelajaran direct instruction. Hal ini terlihat dari hasil pelaksanaan tes peneliti lakukan, dimana pada pelaksanaan tes awal diperoleh persentase ketuntasan sebanyak 23,08% meningkat menjadi 61,53% pada pelaksanaan siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 84,61% pada pelaksanaan siklus II. Selanjutnya ditinjau dan hasil observasi yang dilakukan oleh 2 pengamat menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 87,5% ada peningkatan dari siklus I yang hanya 70%. Aktivitas siswajuga mengalami peningkatan mencapai 82,5% sementara siklus I hanya 68,75%. Dari hasil-hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran direct instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materiSistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII/5 SMP Negeri 2 Peusangan pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tihajar Tihajar

SMP Negeri 2 Peusangan

Downloads

Published

2021-12-18

How to Cite

Tihajar, T. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII/5 SMP NEGERI 2 PEUSANGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 5(6). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/906

Issue

Section

Artikel Penelitian