UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ASMAUL HUSNA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CTLDI KELAS IV UPTD SD NEGERI 7 PEUSANGAN SELATAN
Keywords:
Hasil Belajar, Model CTL, Asmaul HusnaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang masih kurang memperhatikan penjelasan guru, peserta didik yang kurang mandiri dalam pembelajaran sehingga peserta didik tidak mampu berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik pun masih kurang pelajaran sehingga peneliti menggunakan model pembelajaran CTL. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran CTL pada materi Asmaul Husna di kelas IV UPTD SD Negeri 7 Peusangan Selatan. 2) aktivitas guru dan juga peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran CTL pada materi Asmaul Husna di kelas IV UPTD SD Negeri 7 Peusangan Selatan. 3) respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CTL pada materi Asmaul Husna di kelas IV UPTD SD Negeri 7 Peusangan Selatan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Data sumber penelitian adalah peserta didik kelas IV SDNegeri 6 Syamtalira berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji ketuntasan dan uji persentase jawaban pengamat dan peserta didik. Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 7 Peusangan Selatan. Hal ini terlihat dari hasil belajar untuk hasil belajar peserta didik siklus I sebesar 55% kriteria kurang meningkat menjadi 90% kriteria sangat baik pada siklus II. Penggunaan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 7 Peusangan Selatan. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase aktivitas guru dan peserta didik pada setiap siklus mengalami peningkat baik pada guru maupun pada proses peserta didik mengikuti pembelajaran, dengan nilai rata-rata aktivitas guru yaitu 65,89% kriteria kurang siklus I meningkat menajdi sebsar 94,71% kriteria sangat baik pada siklus II. Untuk aktivitas peserta didik sebesar 60% kriteria kurang siklus I meningkat pada siklus II sebesar 91,76% kriteria sangat baik. Penggunaan model pembelajaran CTL mendapat respon positif dari peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 7 Peusangan Selatan sebesar 77% untuk kriteria senang dan kriteria tidak senang sebesar 23%.
Downloads
References
Abdullah, Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kharisma Putra Utama.
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Anwar, S. 2018. Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Inklusi. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 1(1), 57-74. https://doi.org/10.32923/kjmp.v1i1.898
Creswell, John W. 2016. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Edisi Keempat (Cetakan Kesatu). Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Iqbal, M., Najmuddin, N., & Syafawi, Q. (2024). The Impact of Rewards and Punishments on Enforcing Santris' Discipline at Dayah Terpadu Jami'ah Azzanjabil.MUHARRIK: Jurnal Dakwah dan Sosial,7(1), 73-94.
Iskandar & Narsim. 2015. Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Jawa Tengah: IHYA MEDIA.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers.
Moleong, L. J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rahmawati. 2018. Penerapan Model Pembelajaran CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1).https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765
Sitorus, Ramli. 2015. Meningkatkan HasilBelajar Siswa Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) dalam Penyelesaian SoalCerita Matematika SD. JournalPGSD FIP UNIMED, 3(1).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sujana, I. W. C. 2019. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia.J Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.
Susanto, Ahmad. 2013. TeoriBelajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zubaidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.