PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DI KELAS V UPTD SD NEGERI 28 PEUSANGAN PADA MATERI HARI AKHIR
Keywords:
Pembelajaran Generatif, Hari akhir, Hasil BelajarAbstract
Penelitan ini dilatarbelakangi oleh ada peserta didik yang kurang memahami dan tidak mampu menjelaskan konsep PAI sehingga berakibat pada hasil belajarnya yang rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran generatif pada materi hari akhir di kelas V SD Negeri 28 Peusangan. Aktivitas guru dan peserta didik melalui model pembelajaran Generatif pada materi hari akhir di kelas V SD Negeri 28 Peusangan. Respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran Generatif pada materi hari akhir di kelas V SD Negeri 28 Peusangan. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Sumber data penelitian adalah siswa kelasV berjumlah 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar akhivitas dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar terjadi peningkatan, pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 60,86% meningkat menjadi 86,95% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran sudah membaik dari siklus ke siklus. Terdapat peningkatan aktivitas belajar mengajar antara guru dan peserta didik telah berlangsung dengan baik. Ini terlihat dari hasil observasi guru siklus I sebesar 75,39% dan meningkat menjadi 92,35% siklus II. Sedangkan hasil observasi peserta didik siklus I sebesar 73,85% dan meningkat menjadi 92,35%. Hasil respon peserta didik pada pembelajaran dilaksanakan guru menggunakan model pembelajaran Generatif di peserta didik menyukai belajar menggunakan model tersebut terbukti dari hasil respon peserta didik nilai rata-rata pada kriteria “ya” sebesar 75%, kriteria “tidak” sebesar 18%. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik sangat menyukai belajar menggunakan model pembelajaran Generatif.
Downloads
References
Arikunto, S. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aristanto, A., Maq, M. M., Iqbal, M., Prananda, G., &Efrina, G. (2024). NEW LEARNING PARADIGM THROUGH KURIKULUM MERDEKA IN PRIMARY SCHOOLS.Pendas: JurnalIlmiah Pendidikan Dasar,9(1), 5398-5408.
Baharuddin, Esa Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit ARRUS Media.
Depdiknas. 2016. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Fahinu. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 10, No. 1, Januari 2019: 43-54,
Fuad, N. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Huda M. 2016.model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Iskandar. 2011. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.
Istarani & Muhammad Ridwan. 2014. 50 Tipe Pembelajaranan Kooperatif, Medan: Cv Media Persada,
Juitaningsih, Desi. 2018. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Paket A Setara SD/MI Kelas V. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan- Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan MasyarakatKementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan. Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,
Rasidah, R., Iqbal, M., &Najmuddin, N. (2024). Strengthening Character Education Through the Application of Religious Culture to Support the Pancasila Student Strengthening Project (P5) in Junior High Schools.Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme,6(1), 176-196.
Ratunguri,. 2015. Pembelajaran Berbasis Saintifik Terhadap Sikap Berpikir Ilmiah Mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Negeri Manado”, Journal Pedagogia. Vol. 4, No. 1, tahun 2015.
Riswana. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Swivel Wheel Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SD. Widyajaya: JurnalMahasiswa Prodi PGSD STAHN MpuKuturanSingaraja. Volume 2, Nomor 2,
Samsul S. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan minat belajar matematika materi faktorisasi suku aljabar siswa kelas VII SMP Negeri 2 ambon”, IAIN Ambon.
Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya,
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Sulthon. 2016. Pembelajaran PAI Yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Elementary, (Vol. 4, No. 1, tahun 2016,
Suprijono. 2017. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Media.
Trisnawaty. 2017. Peningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas 4 SD. Satya Widya, Vol. 33, No. 1. Juni 2017: 37-44,
Utami. 2020. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI.JPdK Volume 2 No1 Tahun 2020 Halaman 104-109,
Wena Made. 2017.Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mandaryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.