PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS Xl PADA MATERI PERDAGANGAN INTERNASIONAL DI SMA NEGERI 1 JANGKA
Keywords:
Model Pembelajaran Discovery Learning, Berpikir Kritis Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas Xl pada materi perdagangan internasional di SMA Negeri 1 Jangka indikator keberhasilan siswa dalam belajar dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang tinggi. Berdasarkan data empirik, diperoleh informasi bahwa hasil belajar Ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Jangka belum terlalu optimal. Hal tersebut dipengaruhi oleh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pelajaran discovery learning adalah model pembelajaran yang mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam menemukan suatu konsep baru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian siswa kelas Xl SMA Negeri 1 Jangka dengan jumlah 120 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas Xl MIPA1 dan MIPA2dl dengan jumlah 41 siswa. Dari hasil pengolahan data dari hasil Posttest yang telah diperoleh sebagai kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 81,9 dan kelas Xl MIPA2 sebagai kelas kontrol dengan nilai rata-rata 72,2, yaitu bahwa perhitungan uji-t pada posttest, thitung sebesar 81,9 dan ttabel 72,2, menunjukkan bahwa thitung > ttabel (7,726>2,100092), yang artinya varibel model pembelajaran discovery learning signifikan terhadap hasil belajar dan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Jangka pada materi perdagangan internasional mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulan bahwa penelitian ini menerima hipotesis Ha.