Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menyusun Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Workshop di SMAN 1 Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Murhamatillah Murhamatillah Dinas Pendidikan Pidie Jaya

DOI:

https://doi.org/10.51179/ltr2.v7i3.2127

Keywords:

Kinerja guru, strategi pembelajaran berdiferensiasi, workshop.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses menyusun strategi pembelajaran berdiferensiasi melalui workshop, serta meningkatkan Kinerja guru dalam menyusun strategi pembelajaran berdiferensiasi melalui workshop di SMAN 1 Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan respon guru terhadap kegiatan yang dilakukan. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah: bila minimal terdapat 85% guru tergolong sangat baik dan baik dalam aspek penilaian strategi pembelajaran berdiferensiasi, maka sudah dapat dikatakan tindakan yang diterapkan berhasil. Aspek yang diukur dalam menilai keberhasilan tindakan adalah kesiapan guru mengikuti workshop dan hasil pelaksanaan workshop. Dari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan kesiapan dan Kinerja guru dalam menyusun strategi pembelajaran berdiferensiasi dari siklus I ke siklus II. Ketercapaian indikator kinerja terdapat pada tindakan ke II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui workshop dapat meningkatkan kinerja guru dalam menyusun strategi pembelajaran berdiferensiasi pada guru SMAN 1 Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badudu, J.S. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia.

Friedenberg, Lisa. 1995. Psychological Testing: Design, Analysus, and Use. Boston: Allyn and Bacon.

Mathis dan Jackson. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat

Prokton and W.M. Thornton. 1983. Latihan Kerja Buku Pegangan Bagi Para Manager. Jakarta: Bina Aksara

Purwanto, M Ngalim. 1984. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosda Karya

Simamora, Henry. 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : STIE YPKN.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Rasyid, Mahmunar. 2005. Strategi Pembelajaran Sejarah Melalui Pendekatan Team Games Tournament dengan Sistem Porlimawih. Jakarta: Depdiknas

Additional Files

Published

2023-08-09

How to Cite

Murhamatillah, M. (2023). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menyusun Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Workshop di SMAN 1 Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya Tahun Ajaran 2022/2023. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 7(3). https://doi.org/10.51179/ltr2.v7i3.2127

Issue

Section

Artikel Penelitian