Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menyusun Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Workshop di SMAN 1 Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.51179/ltr2.v7i3.2127Kata Kunci:
Kinerja guru, strategi pembelajaran berdiferensiasi, workshop.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses menyusun strategi pembelajaran berdiferensiasi melalui workshop, serta meningkatkan Kinerja guru dalam menyusun strategi pembelajaran berdiferensiasi melalui workshop di SMAN 1 Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan respon guru terhadap kegiatan yang dilakukan. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah: bila minimal terdapat 85% guru tergolong sangat baik dan baik dalam aspek penilaian strategi pembelajaran berdiferensiasi, maka sudah dapat dikatakan tindakan yang diterapkan berhasil. Aspek yang diukur dalam menilai keberhasilan tindakan adalah kesiapan guru mengikuti workshop dan hasil pelaksanaan workshop. Dari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan kesiapan dan Kinerja guru dalam menyusun strategi pembelajaran berdiferensiasi dari siklus I ke siklus II. Ketercapaian indikator kinerja terdapat pada tindakan ke II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui workshop dapat meningkatkan kinerja guru dalam menyusun strategi pembelajaran berdiferensiasi pada guru SMAN 1 Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya
Unduhan
Referensi
Badudu, J.S. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia.
Friedenberg, Lisa. 1995. Psychological Testing: Design, Analysus, and Use. Boston: Allyn and Bacon.
Mathis dan Jackson. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat
Prokton and W.M. Thornton. 1983. Latihan Kerja Buku Pegangan Bagi Para Manager. Jakarta: Bina Aksara
Purwanto, M Ngalim. 1984. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosda Karya
Simamora, Henry. 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : STIE YPKN.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Rasyid, Mahmunar. 2005. Strategi Pembelajaran Sejarah Melalui Pendekatan Team Games Tournament dengan Sistem Porlimawih. Jakarta: Depdiknas
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Murhamatillah Murhamatillah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.