Pengaruh Iklim Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Negeri 1 Peulimbang

Authors

  • Juanda Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru pada SMA Negeri 1 Peulimbang. Dalam penelitian ini teknik analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan mengunakan model statistika yaitu model analisis regresi berganda. Data responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 34 orang guru. Hasil penelitian didapat pengujian Koefisien regresi Iklim Organisasi (X1) sebesar 17.4 Artinya setiap 100% perubahan setiap adanya perubahan Iklim Organisasi (X1) maka secara relatif akan meningkatkan kinerja pegawai pada Baitul Kabupaten Bireuen sebesar 17,4%, jadi dengan semakin baik jiwa Iklim Organisasi (X1) yang dimiliki atasan maka secara relatif akan meningkatkan kinerja pegawai pada Baitul Kabupaten Bireuen. Koefisien regresi Lingkungan Kerja (X2) sebesar 126 Artinya setiap 100% perubahan (perbaikan, karena tanda +) setiap adanya perubahan Lingkungan Kerja maka secara relatif akan meningkatkan kinerja guru pada SMA N 1 Peulimbang sebesar 12.6%, jadi dengan semakin baik tingkat Lingkungan Kerja yang dimiliki pegawai maka secara relatif akan meningkatkan kinerja guru pada SMA N 1 Peulimbang. Konstanta sebesar 2.700. Artinya jika, Iklim Organisasi (X1) dan Lingkungan Kerja (X2), dianggap konstan, maka besarnya kinerja guru pada SMA N 1 Peulimbang adalah sebesar 27.00 pada satuan skala likert atau kinerja guru pada SMA N 1 Peulimbang masih rendah

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Juanda, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI)

References

Amin W. Tunggal. 2013. Internal Auditing (Suatu Pengantar). Harvarindo. Jakarta.

Arikunto. Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Atep Adya Barata. 2013. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Elex Media. Jakarta.

Budiyanto, M.T, Eko. 2013. Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya. Manusia. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Ghufron. M. Nur dan Risnawita S. Rini. 2010. Teori-Teori Psikologi. Ar- Ruzz Media. Yogyakarta.

Hamalik. Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Handoko, T. Hani. 2008. Manajemen Personalia Sumber Daya Manusia. Edisi. Kedu. BPFE. Yogyakarta.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Gava Media. Yogyakarta.

Hasbullah. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Grafindo Persada. Jakarta.

Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi. Aksara. Jakarta.

Jasfar, Farida. 2012. 9 Kunci Keberhasilan Bisnis Jasa. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa. Indonesia. Jilid 1 dan 2. Erlangga. Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Edisi. Pertama. Selemba Empat. Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2012. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Salemba Empat.

Moekijat. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Pionir Jaya Bandung.

Nasution. 2007. Hukum Perliindungan Konsumen, Suatu Pengantar, Diadit Media. Jakarta.

Ngalim Purwanto. 2003. Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Payne Adrian. 2010. The Essense of Service Marketing Pemasaran Jasa. Prentice Hall. Essence of Management Series.

Robbins, P. Stephen dan Timothy A. Judge. 2012. Perilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta.

Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A. 2013. Organizational Behavior Edition. New Jersey: Pearson Education.

Safroni, Ladzi. 2012. Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia. Aditya Media Publishing. Surabaya.

Santoso. Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta.

Sugihartono. dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. UNY Press. Yogyakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sujarweni. & Endrayanto. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sumarwan, Ujang. 2008. Perilaku Konsumen. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Supranto. 2005. Pengantar Teknologi Informasi. Salemba Infotek. Jakarta.

Terry, George R. 2012. Prinsip-prinsip Manajemen. Bumi Aksara. Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Usman. 2013. Manajemen. Erlangga. Jakarta.

Usman. Husaini. 2013. Manajemen Teori. Praktik dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Wijaya Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. PT. Indeks. Jakarta.

Wijono, D. 2005. Manajemen Perbaikan Gizi Masyarakat. Duta Prima. Airlangga. Surabaya.

Yamit, Zulian. 2010. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Ekonesia. Yogyakarta

Downloads

Published

2024-12-14

How to Cite

Juanda. (2024). Pengaruh Iklim Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Negeri 1 Peulimbang. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 8(4). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/3107

Issue

Section

Artikel Penelitian