Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Menggunakan Media Kartu Suku Kata Model Numbered Head Together

Authors

  • Kana Saputri SD Negeri 18 Bireuen

Keywords:

Kemampuan membaca, media kartu, NHT

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa kelas I SDN 18 Bireuen pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I. Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk mengetahui apakah media kartu Suku Kata dapat meningkatkan kemampuan membaca di kelas I SDN 18 Bireuen Kota Juang Kabupaten Bireuen. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah media kartu Suku Kata model Numbered Head Together. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dua siklus dengan jumlah siswa 28 orang, setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil tindakan siklus I diperoleh hasil belajar membaca permulaan siswa dengan nilai rata-ratanya 54 dengan presentase siswa 46.4%. Hasil tindakan siklus II diperoleh hasil belajar membaca siswa dengan nilai rata-ratan 71,4 presentase siswa 78.5%. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran membaca permulaan dengan penggunaan media kartu Suku Kata model Numbered Head Together (NHT) dapat meingkatkan kemampuan membaca permulaan di kelas I SD Negeri 18 Bireuen.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Kana Saputri. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Menggunakan Media Kartu Suku Kata Model Numbered Head Together . Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 3(1), 1–8. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/1431