PENERAPAN MEDIA SEMPOA SEBAGAI ALAT BANTU OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI SD NEGERI 057236 KEBUN UBI
DOI:
https://doi.org/10.51179/pkm.v8i1.3180Kata Kunci:
Bilangan Bulat, Hasil Belajar, Media, Operasi Hitung, SempoaAbstrak
Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa SD Negeri 057236 pada materi operasi hitung bilangan bulat. Operasi hitung bilangan bulat (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) merupakan materi yang sangat penting karena merupakan materi dasar dalam matematika yang berkaitan dengan materi yang lain. Namun kenyataannya kemampuan siswa pada materi operasi hitung pada bilangan bulat masih rendah, khususnya di SD negeri 057236. Siswa masih bingung dalam mengerjakan soal bilangan bulat negatif, perkalian dan pembagian. Sehingga penerapan dalam penggunaan media sempoa diharapkan dapat membantu guru dalam mengajarkan materi operasi hitung bilangan bulat dan membantu siswa lebih memahami materi operasi hitung bilangan bulat. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode demonstrasi, pelatihan dan evaluasi. Demonstrasi dan pelatihan diberikan kepada guru untuk penggunaan sempoa, metode evaluasi digunakan untuk mengetahui respon guru terhadap media dan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media. Berdasarkan hasil analisis angket, respon guru sangat positif terhadap penggunaan media sempoa dan hasil belajar siswa lebih baik setelah menggunakan media sempoa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 RAMBIDEUN : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


