PELATIHAN PEMANFAATAN BOTOL BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI BUNYI DI SMP NEGERI 2 MAKMUR
DOI:
https://doi.org/10.51179/pkm.v2i1.202Keywords:
pelatihan, pemanfaatan, botol bekas, media pembelajaranAbstract
Peranan guru dalam proses pembelajaran masih sangat dominan walaupun sebagian dari mereka telah berupaya untuk menjadi fasilitator di samping sebagai sumber informasi. Namun, guru dituntut untuk bisa memberikan kemudahan bagi para siswa dalam proses pembelajaran yang mudah dipahami dan menyenangkan. Oleh sebab itu, pendekatan pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan siswa. Pemanfaatan barang bekas dan peralatan sederhana sebagai media bukanlah hal yang baru dalam dunia pendidikan. Siswa SMP Negeri 2. Makmur memanfaatkan botol bekas sebagai media pembelajaran yang dipakai kemudian dikaitkan dengan materi yang sedang dipelajari. Adanya kegiatan PKM berupa pelatihan pemanfaatan botol bekas sebagai media pembelajaran pada materi bunyi di SMP Negeri 2. Makmur dapat membantu siswa tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang kritis, kreatif, mandiri dan peduli terhadap lingkungannya, menambah wawasan guru dan siswa dalam memanfaatkan barang bekas dan peralatan sederhana sebagai media pembelajaran, serta guru diharapkan dapat mengembangkan berbagai alternatif media sederhana yang kreatif dan berkesinambungan.