PENINGKATAN HASIL BELAJARSISWA MELALUI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATERI ASMAUL HUSNA DI KELAS IV UPTD SD NEGERI 9 PEUSANGAN SELATAN
Kata Kunci:
Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here, Hasil Belajar Siswa, Asmaul Husna.Abstrak
Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa terhadap pembelajaran PAI khususnya pada materi Asmaul Husna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan hasil belajar siswa pada materi Asmaul Husna melalui model pembelajaran everyone is a teacher here berbantuan media gambar di kelas IV UPTD SD Negeri 9 Peusangan Selatan; 2)Aktivitas guru dan siswa pada materi Asmaul Husna melalui model pembelajaran everyone is a teacher here berbantuan media gambar di kelas IV UPTD SD Negeri 9 Peusangan Selatan; dan 3) Respon siswa pada materi Asmaul Husna melalui model pembelajaran everyone is a teacher here di kelas IV UPTD SD Negeri 9 Peusangan Selatan. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas IV UPTD SD Negeri 9 Peusangan Selatan yang berjumlah 21 orang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, pengamatan (observasi), dan pembagian angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran everyone is a teache here berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Asmaul Husna di kelas IV UPTD SD Negeri 9 Peusangan Selatan. Pada siklus I ada 14 orang siswa yang tuntas (66, 66%) dan siklus II 20 orang yang tuntas (95,3%), hal ini terbukti bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa. 2) Penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here aktivitas guru dan siswa pada materi Asmaul Husna di kelas IV UPTD SD Negeri 9 Peusangan Selatan. Hal ini terbukti dengan persentase aktivitas guru dan siswa setiap siklus yaitu siklus I (78%), dan siklus II (94,66%) untuk aktivitas guru. Sedangkan untuk aktivitas siswa siklus I (76,66%) dan siklus II (92%); dan 3) Respon siswa melalui penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here pada materi Asmaul Husna di kelas IV UPTD SD Negeri 9 Peusangan Selatan dengan persentase siswa senang mencapai 90,5%.
Unduhan
Referensi
Antony, A & Mudjiran. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar PAI Menggunakan Strategi Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Siswa Sekolah Dasar. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(1), 2021, 19-27. https://creativecommons.org/licenses/bysa/4.0/
Arifin, Z. 2014. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto.2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Putra.
Asiza, N & Irwan, M. 2019. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center.
Damayanti & Mudjiono.2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.
Hakim, N. 2019.Penerapan Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Tadris Biologi,” Al Jahiz: Journal of Biology Education Research 1, no. 1: h.54.
Iskandar, Dadang & Narsim.2015.Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya.Cilacap: Ihya Media.
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1),128. https:// doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264.
Komalasari, K. 2011.Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Kusnandi, C & Sujtipto, B. 2016.Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor:Ghalia Indonesia.
Lubis, A. B. 2019. Pengaruh Model Everyone Is A Teacher Here Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa SD, Jurnal Basicedu 3, no. 2 (August 11, 2019), h.729.
Mulyasa.2012. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prananda, G. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran PAI Siswa Kelas V SD. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 6(2), 122-130.
Rogahang, S. S., Paramansyah, A., Zaelani, K., Iqbal, M., & Judijanto, L. (2024). Inclusive Education Practices: Fostering Diversity and Equity in the Classroom.Global International Journal of Innovative Research,1(3), 260-266.
Sadiman, A. 2015. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto.2015. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.
Subana.2016. Statistika Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono, A. 2015. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cet.I. Jakarta: Kencan.
Syah, M. 2011.Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011, hal.87-88.
Usman.2008. Penelitian Tindakan Kelas. Unsyiah: Banda Aceh.
Utami, G. S. 2020. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI. Jurnal IKA PGSD (Research & Learning in Primary Education) Universitas Pahlawan, 2(1), 104-109.
Winkel, W.S. 2016. Psikologi Pengajaran. Jakarta:Grasindo.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Wahyuni
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.