Minat Mahasiswa Penjas Fkip Uniki Dalam Mengikuti Kegiatan Senam Rutin Kebugaran Jasmani

Penulis

  • Masyitah Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Tawakal Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Amiruddin Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Agung Cahyadi Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Abstrak

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani tidak menyadari bahwa manfaat dari Senam Kebugaran Jasmani, terbukti bahwa pada saat pelaksanaan kegiatan senam rutin setiap hari Kamis masih banyak mahasiswa yang tidak mengikuti kegiatan tersebut dikarenakan tidak mengahafal gerakan, malas bangun tidur yang menyebabkan terlambat, jarak tempat tinggal yang jauh dan faktor lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 100 orang mahasiswa. Instrumen penelitian dengan menyebarkan kusioner berupa angket kepada mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut: (1) untuk kategori minat tertinggi diperoleh oleh 30 orang mahasiswa dengan besar persentase 30%, (2) kategori sedang diraih oleh 30 orang dengan besar persentase 30%, dan (3) 40 mahasiswa berada pada kategori minat rendah dengan besar persentase 40%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi Pendidikan Jasmani, FKIP, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi Pendidikan Jasmani, FKIP, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

##submission.authorWithAffiliation##

Jurusan Pendidikan Jasmani, FKIP, Universitas Syiah Kuala

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi Pendidikan Jasmani, FKIP, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

##submission.citations##

Cindo. M. 2010. Permainan. Tradisional. Jakarta: CV Ghina.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Giriwijoyo, Santosa & Sidik, D.Z. 2013. Ilmu Faal Olahraga (Fisiologi Olahraga) Fungsi Tubuh Manusia pada Olahraga untuk Kesehatan dan Prestasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Iskandar Z. Adisapoetra, dkk. 1999. Panduan tehnik Tes dan Latihan Kesegaran Jasmani untuk Anak usia sekolah. Seminar dan Widiyakarya Nasional Olahraga dan Kesehatan Jasmani, Pusat Pengkajian dan Pengembangan IPTEK Olahraga. Jakarta.

Makmun. 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soraya, Sugihartono, & Defliyanto. 2019. Pengaruh Latihan SKJ 2018 terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Mahasiswa Putri Penjas UNIB, KINESTETIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3 (2).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Bandung: Penerbit. Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Surya, Moh. 2008. Teori-teori Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-13

##submission.howToCite##

Masyitah, Tawakal, Amiruddin, & Cahyadi, A. (2024). Minat Mahasiswa Penjas Fkip Uniki Dalam Mengikuti Kegiatan Senam Rutin Kebugaran Jasmani . Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 8(1). Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/2652

Terbitan

Bagian

Artikel Penelitian