UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN TEMA DAN AMANAT DALAM CERPEN DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA MURID KELAS VI SD NEGERI 7 BIREUEN KABUPATEN BIREUEN
Kata Kunci:
Cerpen. Discovery Learning, dan Hasil Belajar SiswaAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan menemukan tema dan amanat dalam cerpen dengan metode discovery learning pada murid kelas VI SD Negeri 7 Bireuen Kabupaten Bireuen pada tahap pratindakan, pelakasanaan, dan pasca tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menemukan tema dan amanat dalam cerpen dengan metode discovery learning pada murid kelas VI SD Negeri 7 Bireuen pada tahap pratindakan, pelakasanaan, dan pascatindakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah hasil tes awal dan tes akhir, hasil observasi (pengamatan), hasil wawancara, hasil catatan lapangan. Subjek penelitian sebanyak 19 murid terlibat dalam penelitian ini dengan 5 subjek wawancara berdasarkan kualifikasi 1 orang murid berkemampuan tinggi, 2 murid berkemampuan sedang, dan 2 orang berkemampuan rendah berdasarkan nilai tes awal. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa prestasi belajar murid mengalami peningkatan dari 68% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari 61% menjadi 91% pada siklus II. Sedangkan aktivitas murid meningkat dari 60% menjadi 81% pada siklus II. Dari hasil wawancara ditemukan bahwa sebagian besar murid senang dengan belajar menggunakan pendekatan Discovery Learning Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi menemukan tema dan amanat dalam cerpen dengan metode Discovery Learning pada murid kelas VI SD Negeri 7 Bireuen Kabupaten Bireuen dinyatakan telah berhasil.