Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Keywords:
Hasil Belajar, Materi Teks Editorial, Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW)Abstract
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi teks editorial melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas XII IPA 2 SMA N 3 Bireuen. Model pembelajaran yang digunakan dalam tindakan penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe TTW pada materi teks editorial. Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Syamtalira Bayu selama 3 bulan, mulai dari September s.d Nopember 2021. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan rumus persentase. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TTW dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPA 2 SMA N 3 Bireuen tahun pelajaran 2021/2022 pada materi teks editorial. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklus, yaitu pada siklus I persentase siswa yang tuntas belajar dan mencapai KKM sebesar 72,41% dan pada siklus II menjadi 93,1%, dengan peningkatan 18,89%. Lalu, dari hasil observasi aktivitas guru diperoleh nilai rata-rata keseluruhan siklus I sebesar 2,78 pada kriteria cukup baik dan pada siklus II menjadi 4,00 pada kriteria baik, dengan peningkatan 1,22. Sedangkan, dari hasil observasi aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata keseluruhan siklus I sebesar 2,82 (56,4%) pada kriteria cukup aktif dan pada siklus II menjadi 4,18 (83,6%) pada kriteria aktif, dengan peningkatan 1,36 (27,2%).
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ristawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.