Tinjauan Aspek Mikrobiota Dan Analisis Fisikokimia Air (Studi Pada Waduk Lhok Batee Jeumpa, Bireuen)

Authors

  • Dani Pratama Putra Universitas Almuslim

Keywords:

Mikrobiota Air, Fisikokimia Air, Fitoplankton, Kepadatan populasi, Indeks Keanekaragaman.

Abstract

Waduk Lhok Batee di Gampong Seuneubok Lhong Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen saat ini sumber sumber air baku bagi masyarakat dan sekaligus tempat rekreasi. Penelitian ini bertujuan meninjau aspek mikrobiota, kualitas air dan analisis fisikokimia air pada Waduk tersebut dengan metode kombinasi kualitatif-kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan Januari - Februari 2023. Hasilnya, mikrobiota terdapat 12 famili dengan 13 spesies, dimana fitoplankton dengan jumlah famili terbesar (9 famili dan 10 spesies) dan zooplankton (3 famili dan 3 spesies). Keanekaragaman plankton termasuk dalam kategori sedang dengan indeks 1,0401. Salinitas terendah berada pada stasiun D, yaitu; 0,2 0 /00, sedangkan salinitas tertinggi berada pada stasiun A, yaitu; 0,3 0 /00. Kecerahan terendah berada pada stasiun D, yaitu; 1,30 m, sedangkan kecerahan tertinggi berada pada stasiun E, yaitu; 2,30 m. Suhu air yang paling tinggi berada pada stasiun C dan D yaitu 35,0 0C, sedangkan suhu paling rendah berada pada stasiun A, yaitu 32,5 0C. Nilai pH tertinggi berada pada stasiun C dan D yaitu 7,1 dan nilai pH terendah berada pada stasiun A yaitu 6,4. Intensitas cahaya tertinggi berada pada stasiun D yaitu 933 Lux dan intensitas cahaya terendah berada pada stasiun B yaitu 876 Lux. Kadar Dissolved Oxygen (DO) tertinggi pada stasiun A, D dan E sebesar 5,10 mg/L dan terendah pada stasiun B sebesar 4,80 mg/L. Kadar Biochemical Oxygen Demand (BOD) tertinggi pada stasiun C sebesar 12,25 mg/L dan terendah pada stasiun E sebesar 2,10 mg/L. Kadar Chemical Oxygen Demand (COD) tertinggi pada stasiun D sebesar 38,42 mg/L dan terendah pada stasiun A sebesar 22,10 mg/L.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dani Pratama Putra, Universitas Almuslim

Prodi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Almuslim

References

Benny. 2018. Keanekaragaman Jenis Ikan Di Perairan Sungai Casanova Desa Namu Suro Kecamatan Biru-Biru Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. [skripsi] Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara.

Dina Isti’anah, dkk. 2018. Synedra sp. sebagai Mikroalga yang Ditemukan di Sungai Besuki Porong Sidoarjo, Jawa Timur. Jurnal Bioedukasi, Vol 8, No. 2.

Edward G. Bellinger and David C. Sigee, 2018, Freshwater Algae: Identification and use as Bioindicators, New Delhi, India: Wiley-Blackwell.

Edmondson. 2016. Fresh-Water Biology Second Edition. United States of America.

Ewusie, J. Y. 2020. Pengantar Ekologi Tropika. Yogyakarta: Kanisus.

Fachrul, M. F. 2017. Metode Sampling Bioekologi. Jakarta: Bumi Aksara.

Ghufran dan Baso. 2007. Pengelolaan Kualitas Air dalam Budi Daya. Perairan. Jakara: Rineka Cipta.

Isnansetyo Alim dan Kurniastuty. 2015. Teknik Kultur Phytoplankton Zooplankton. Pakan Alam untuk pembenihan organism laut, Kanisius, Yogyakarta.

Jenie, Betty Sri Laksmi dan Winiati Puudji Rahayu. 2011. Penanganan Limbah Industri Pangan. Yogyakarta: Kanisius.

Purnomo, B, Basuki. 2019. Dasar dasar urologi: infeksi urogenitalia. Edisi 2. Jakarta: Sagung Seto.

Sanet Janse van Vuuren, dkk., 2016, Freshwater Algae: A Guide for the Identification of Microscopic Algae in South African Freswater, Botany North-West University: School of Environmental Sciences and Development.

Santosh, P., & Singh, S. 2017. Isolation and characterization of antimicrobial metabolite producing endophytic Phomopsis sp. from Ficus pumila Linn. (Moraceae). International Journal of Chemical and Analytical Science, 4(3), 156-160.

Soetjipta. 2017. Dasar-Dasar Ekologi Hewan. Yogyakarta: UGM.

Tjitrosoepomo. 2019. Taksonomi Tumbuhan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Valentina, Andika Endah. Siti Sundari Miswadi.; dan Latifah. 2013. Pemanfaatan Arang Eceng Gondok dalam Menurunkan Kekeruhan, COD, BOD pada Air Sumur. Indonesian Journal of Chemical Science, 2013, 2 (2).

Yudhi. 2008. Kualitas Air dan Dinamika Fitoplankton Di Perairan Pulau. Harapan. J Hidrosfir Indonesia. Vol.3(2) 87-94.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Putra, D. P. (2024). Tinjauan Aspek Mikrobiota Dan Analisis Fisikokimia Air (Studi Pada Waduk Lhok Batee Jeumpa, Bireuen). Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 8(3). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/2792

Issue

Section

Artikel Penelitian