PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS II MIS ABEUK JALOH

Penulis

  • Saiful Ramadhan

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Akhlak Terpuji, Discovery Learning

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakang oleh rendahnya hasil siswa pada materi akhlak terpuji sehingga peneliti menggunakan model Discovery Learning untuk mengatasi permasalah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahi peningkatan hasil belajar materi akhlak terpuji melalui pembelajaran Discovery Learning di Kelas II MIS Abeuk Jaloh. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Subjek penelitian siswa kelas II MIS Abeuk Jaloh berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal dan aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dan aktivitas. Tahap-tahap penelitian perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil menunjukkan bahwa pada hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,29% meningkat menjadi 85,71% pada siklus II. Sedangkan pada aktivitas guru pada siklus I sebesar 81% meningkat menjadi 89% siklus II. Pada aktivitas siswa siklus I sebesar 77% meningkat menjadi 88% pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkat hasil belajar siswa kelas II MIS Abuek Jaloh pada materi akhlak terpuji.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Saiful Ramadhan

MIS Abeuk Jaloh

Diterbitkan

2022-05-31

Cara Mengutip

Ramadhan, S. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS II MIS ABEUK JALOH. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 6(3). Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/1275

Terbitan

Bagian

Artikel Penelitian

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>