Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Hypothetical Learning Trajectory (Hlt) Untuk Mengembangkan Kemampuan Spasial Siswa

Authors

  • Tri Putri Utami Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Abstract

Kemampuan spasial sangat dibutuhkan dalam matematika itu sendiri, teknik, sains, dan kehidupan masyarakat secara umum. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang dapat mengembangkan kemampuan spasial siswa. Penelitian ini merupakan design research. Subjek penelitian ini adalah satu guru dan 32 siswa di salah satu SMP di Banda Aceh. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan spasial, lembar observasi aktivitas guru, wawancara, dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan menggunakan retrospective analyses. Hasil penelitian ini yaitu HLT untuk mengembangkan kemampuan spasial siswa yang terdiri atas tiga aktivitas, diantaranya membandingkan volume kotak dari susunan kartu remi berdasarkan posisi tegak dan mendatar, visualisasi tampak depan dan tampak samping dari susunan kubus satuan guna menyelesaikan permasalahan luas permukaan dan volume kubus dan balok, dan menemukan pola jaring-jaring kubus

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tri Putri Utami, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Pendidikan Jasmani Universitas Islam Kebangsaan Indonesia Bireuen

References

Baratti, G., Potrich, D., & Sovrano, V. A. 2020. The environmental geometry in spatial learning by zebrafish (Danio rerio). Zebrafish. 17(2): 131-138.

Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2013). Design Research From the Learning Design Perspective. In J. V. Akker, B. Bannan, A. E. Kelly, N. Nieveen, & T. Plomp, Educational Design Research. Netherlands: SLO-Netherlands institute for curriculum development.

Hafidz, M. & Masriyah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Pembelajaran Permutasi dan Kombinasi. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 126-135.

Meirida, U., Johar, R., & Ahmad, A. (2021). Pengembangan lintasan belajar limas untuk mengembangkan kemampuan spasial siswa melalui pendidikan matematika realistik berbantuan GeoGebra. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 16 (1), 1–18.

Prahmana, R.C.I., & Kusumah, Y.S. (2016). The Hypothetical Learning Trajectory on Research in Mathematics Education using Research-Based Learning. Pedagogika, 123(3). Vilnius: Lithuanian University of Educational Sciences.

Rezky, Raizal. 2019. “Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Dalam Perspektif Psikologi Belajar Matematika.” Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan 18(1):762–69.

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

Utama, T. P. (2024). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Hypothetical Learning Trajectory (Hlt) Untuk Mengembangkan Kemampuan Spasial Siswa. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 8(2). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/2755

Issue

Section

Artikel Penelitian