Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Hypothetical Learning Trajectory (Hlt) Untuk Mengembangkan Kemampuan Spasial Siswa
Abstract
Kemampuan spasial sangat dibutuhkan dalam matematika itu sendiri, teknik, sains, dan kehidupan masyarakat secara umum. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang dapat mengembangkan kemampuan spasial siswa. Penelitian ini merupakan design research. Subjek penelitian ini adalah satu guru dan 32 siswa di salah satu SMP di Banda Aceh. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan spasial, lembar observasi aktivitas guru, wawancara, dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan menggunakan retrospective analyses. Hasil penelitian ini yaitu HLT untuk mengembangkan kemampuan spasial siswa yang terdiri atas tiga aktivitas, diantaranya membandingkan volume kotak dari susunan kartu remi berdasarkan posisi tegak dan mendatar, visualisasi tampak depan dan tampak samping dari susunan kubus satuan guna menyelesaikan permasalahan luas permukaan dan volume kubus dan balok, dan menemukan pola jaring-jaring kubus
Downloads
References
Baratti, G., Potrich, D., & Sovrano, V. A. 2020. The environmental geometry in spatial learning by zebrafish (Danio rerio). Zebrafish. 17(2): 131-138.
Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2013). Design Research From the Learning Design Perspective. In J. V. Akker, B. Bannan, A. E. Kelly, N. Nieveen, & T. Plomp, Educational Design Research. Netherlands: SLO-Netherlands institute for curriculum development.
Hafidz, M. & Masriyah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Pembelajaran Permutasi dan Kombinasi. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 126-135.
Meirida, U., Johar, R., & Ahmad, A. (2021). Pengembangan lintasan belajar limas untuk mengembangkan kemampuan spasial siswa melalui pendidikan matematika realistik berbantuan GeoGebra. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 16 (1), 1–18.
Prahmana, R.C.I., & Kusumah, Y.S. (2016). The Hypothetical Learning Trajectory on Research in Mathematics Education using Research-Based Learning. Pedagogika, 123(3). Vilnius: Lithuanian University of Educational Sciences.
Rezky, Raizal. 2019. “Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Dalam Perspektif Psikologi Belajar Matematika.” Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan 18(1):762–69.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tri Putri Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.