FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN RAWAT JALAN OLEH MASYARAKAT DESA COT MEURAK BLANG DI PUSKESMAS SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN TAHUN 2021

Authors

  • Seri Warzukni STIKES Payung Negeri
  • Armiatin Armiatin STIKES Payung Negeri

DOI:

https://doi.org/10.51179/jka.v8i2.1406

Keywords:

Pelayanan petugas Kesehatan, Akses , Dukungan Keluarga

Abstract

Pelayanan rawat Jalan adalah suatu pelayanan  pada saat pasien berkunjung ke sebuah pelayanan kesehatan, harapan pasien adalah mendapatkan pelayanan kesehatan yang sebaik-baiknya dan dengan waktu sesingkat-singkatnya. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan rawat jalan oleh masyarakat Desa Cot Meurak Blang di Puskesmas Samalanga tahun 2022. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan menggunakan desain cross sectiona. Populasi dalam penelitian ini seluruh KK Masyarakat Desa Cot Meurak Blang yang memanfaatkan pelayanan kesehatan Rawat Jalan di Puskesmas Samalanga Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen yang memiliki KK yaitu 152 Kepala keluarga. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil Penelitian didapatkan bahwa  ada hubungan signifikan pelayanan petugas kesehatan, akses dan dukungan keluarga dengan nilai P value 0,000. Saran bagi pihak Puskesmas untuk terus meningkatkan mutu atau kualitas pelayanan Puskesmas agar masyarakat cenderung memilih berobat ke Puskesmas Samalanga dari pada ke pengobatan alternatif lain.

 

Kata Kunci: Pelayanan, Petugas Kesehatan, Akses, Dukungan Keluarga

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Seri Warzukni, STIKES Payung Negeri

Dosen STIKES Payung Negeri

Armiatin Armiatin, STIKES Payung Negeri

Dosen STIKES Payung Negeri

References

Azwar. (2015). Azrul, Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Arsad, Rahim, Ali. (2015). Memahami Kesehatan Anda Sendiri, Jakarta:.

Azwar, S. (2016). Sikap Manusia: Teori Dan Pengukurannya, Edisi 2, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Anjaryani, Diah Wike, Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Perawat Di Rsud Tugurejo Semarang, Semarang: Tesis, Undip, 2019.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta.

Asrina, Mutiara. (2019). Puskesmas Rawat Inap Telaga Biru Kecamatan Pontianak Utara, Vol 7 No.1.

Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh. (2018). Statistik Kesehatan Provinsi Aceh, Banda Aceh.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2015). Profil Kesehatan Indonesia, Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Dinas Kesehatan Aceh. (2017). Sekretariat JKN Dinkes Aceh, Banda Aceh.

Rumengan, D. S. S., Umboh , J. M. L., Kandou, G. D. (2015). Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta BPJS Kesehatan Di Puskesmas Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado. Surakarta : Universitas Sam Ratulangi Manado.

World Health Organization (WHO, 2017), Measles, [Online] Tersedia pada: https://www.who.int/en/-room/fact- sheets/detail/measles [Diakses minggu 1 Juni 2022].

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Warzukni, S., & Armiatin, A. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN RAWAT JALAN OLEH MASYARAKAT DESA COT MEURAK BLANG DI PUSKESMAS SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN TAHUN 2021. JURNAL KESEHATAN ALMUSLIM, 8(2), 5–8. https://doi.org/10.51179/jka.v8i2.1406