ANALISIS KUALITATIF PERILAKU SEKS PRANIKAH PADA KALANGAN REMAJA DI SMA NEGERI 2 KOTA LHOKSEUMAWE

Authors

  • Fitri Afriani Institut Kesehatan Helvetia
  • Namora Lumongga Lubis Universitas Sumatra Utara
  • Iman Muhammad Institut Kesehatan Helvetia

DOI:

https://doi.org/10.51179/jka.v7i1.427

Keywords:

Perilaku, Seks Pranikah Remaja

Abstract

Seks pranikah adalah hubungan seksual yang dilakukan tanpa menikah dan sering berganti pasangan. Di Banda Aceh sebanyak 50% terdapat kasus perilaku seks pranikah dikalangan remaja sedangkan untuk Kota Lhokseumawe menduduki peringkat pertama kasus seks pranikah sebanyak 70% pada Tahun 2012. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitatif perilaku seks pranikah di kalangan remaja di SMA Negeri 2 Kota Lhokseumawe Tahun 2017. Jenis penelitian dengan metode penelitian kualitatif. Sampel berjumlah 4 orang remaja yang berperilaku seks pranikah. Data dianalisis dengan menggunakan melakukan reduksi data selanjutnya dilakukan penyajian data dan diambil kesimpulan permasalahan yang menjadi penyebab perilaku seks pranikah pada remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan memiliki pengetahuan cukup tentang perilaku seksual pranikah namun adanya dorongan dari pasangan yang membuat perilaku seks tersebut terjadi. Sedangkan dari segi pendidikan, berpacaran dapat mempengaruhi motivasi belajar disekolah. Di tinjau dari sikap, adanya rasa takut, malu dan penyesalan pada informan yang telah melakukan seks pranikah serta faktor keagamaan berada pada kategori kurang memiliki pemahaman yang baik tentang agama. Untuk faktor keluarga berada dalam kategori memiliki orang tua yang kurang perduli terhadap perkembangan anak sehingga para informan tidak mendapatkan informasi seksual yang tepat. Disarankan kepada pihak sekolah untuk dapat melakukan sosialisasi kepada para remaja di sekolah agar kasus penyimpangan perilaku seksual dapat berkurang dan dapat diatasi secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fitri Afriani, Institut Kesehatan Helvetia

Magister Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia, Medan

Namora Lumongga Lubis, Universitas Sumatra Utara

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara, Medan

Iman Muhammad, Institut Kesehatan Helvetia

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia, Medan

References

Harefa N.Y. Studi Kualitatif Perilaku Seks Pranikah Remaja Putri di Kota Gunung Sitoli Tahun 2013. Universitas Sumatera Utara; 2013.

Puspitaningrum D, Nur F, Qaulan D, Suci N. RAKERNAS AIPKEMA “Pengaruh Konsep Diri Remaja dan Perilaku Pencegahan Seks Bebasdi SMP “Z” Semarang. Temuan Ilmiah Hasil Penelitan dan Pengabdian Masyarakat. 2016;

Naja ZS, Agushybana F, Mawarni A. Hubungan Pengetahuan, Sikap Mengenai Seksualitas Dan Paparan Media Sosial Dengan Perilaku Seksual Pranikah Pada Remaja Di Beberapa SMA Kota Semarang Triwulan II. Jurnal Kesehatan Mayarakat. 2017;5(4):282–93.

Syamni G, Husodo Z, Syarifuddin. Hubungan Pendapatan Asli Daerah Terhadap Belanja Langsung Di Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Kebangsaan. 2014;3(5):11–9.

Alga. I. Peranan Wilayatul Hisbah Dalam Mengurangi Seks Bebas Di Desa Kemili Kecamatan Bebesen Kota Takengon NAD. Universitas Sumatera Utara; 2014.

Winarno H.H. Seks Bebas Di Kalangan Remaja Marak Di Serambi Mekkah. Banda Aceh; 2013.

Bahri S, Fajriani. Suatu Kajian Awal Terhadap Tingkat Pelecehan Seksual Di Aceh. Jurnal Pencerahan. 2015;9.(1).:50–65.ISSN 1693-7775

Data Wilayatul Hisbah Kota Lhokseumawe. 2016. https://news.okezone .com

Data Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe. Profil Kesehatan Kota Lhokseumawe, Sumber dari : Dinas Kesehatan Bidang P2P, 2016.

Slamet M. Hubungan Antara Nilai Keperawanan ( Virginity Value) dengan Perilaku Seksual Pranikah Remaja. 2016;

Kusmiran E. Reproduksi Remaja dan Wanita. Jakarta: Medika Salemba; 2012.

Sarwono S. Psikologi Remaja. jakarta: PT. Raja Grafindo Persada; 2012.

Soetjiningsih. Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Jakarta: Sagung Seto; 2008.

Saragih H. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Sikap Remaja Kelas XI Terhadap Hubungan Seksual Pranikah (Intercause) di SMA Darma Bakti Medan Tahun 2014. Jurnal Ilmiah PANNMED. 2014;9(1).

Banun, F.O.S., Setyorogo S. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Seksual Pranikah pada Mahasiswa Semester V STIKes X Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Kesehatan. 2013;5(1).

Andisti MA, Ritandiyono. Religiusitas Dan Perilaku Seks Bebas Pada Dewasa Awal. Jurnal Psikology. 2008;1(2):170–6.

Kumalasari I, Iwan A. Kesehatan Reproduksi. Jakarta: Medika Salemba; 2013.

Purwoastuti E, Walyani E.S. Perilaku dan Softskills Kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press; 2015.

Notoatmodjo S. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2003.

Atabik A, Mudhiiah K. Pernikahan Dan Hikmahnya Perspektif Hukum Islam. Yudisia. 2014;5(2).

Maimunah S. Hubungan Komitmen Beragama Pada Remaja Dengan Perilaku Seks Pranikah Pada Remaja. Psychologi dan Humaniti. 2016;19–20.

Sarwono S.W. Psikologi Remaja. Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada; 2013.

Setiawan R, Nurhidayah S. Pengaruh Pacaran Terhadap Perilaku Seks Pranikah. Jurnal Soul. 2008;1(2).

Downloads

Published

2021-04-28

How to Cite

Afriani, F. ., Lubis, N. L., & Muhammad, I. . (2021). ANALISIS KUALITATIF PERILAKU SEKS PRANIKAH PADA KALANGAN REMAJA DI SMA NEGERI 2 KOTA LHOKSEUMAWE. JURNAL KESEHATAN ALMUSLIM, 7(1), 8–13. https://doi.org/10.51179/jka.v7i1.427