M,J PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DISTRIBUSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA SIRUP CAP MAWAR
Keywords:
kualitas produk, distribusi, minat beli konsumen, sirup cap mawarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada sirup cap mawar, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh distribusi terhadap minat beli konsumen pada sirup cap mawar dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan distribusi secara simultan terhadap minat beli konsumen pada sirup cap mawar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang cara kerjanya meniru model penelitian alam dalam melakukan proses pengumpulan data yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan SPSS 22.0. Jumlah Populasi yang diambil untuk menentukan sampel adalah masyarakat yang mengkonsumsi Sirup cap mawar dari beberapa Desa di Kec Peusangan, Kab Bireuen adalah 120 orang. Jumlah sampel dari 120 populasi adalah sebanyak 55 orang. Berdasarkan Hasil l Uji-t untuk variabel Kualitas Produk (X1) diperoleh thitung sebesar 1,994 dengan tingkat signifikan sebesar 0,051 dan diketahui ttabel sebesar 1,674. Dengan demikian thitung> ttabel, artinya Kualitas produk mempunyai pengaruh positif dan signifikansi terhadap minat beli konsumen pada sirup cap mawar. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis satu (H1) diterima. Hasil uji-t untuk variabel distribusi (X2) diperoleh thitung sebesar 1,997 tingkat signifikan sebesar 0,087 dan diketahui ttabel sebesar 1,674. Dengan demikian thitung> ttabel, artinya Distribusi mempunyai pengaruh positif dan signifikansi terhadap minat beli konsumen pada sirup cap mawar. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dua (H2) diterima. Hasil uji F dalam penelitian ini diperoleh nilai Fhitung sebesar 4.609 dengan tingkat signifikan sebesar 0,330. Sedangkan nilai Ftabel dengan tingkat signifikansi 5% dan df = n-k-1 (55 – 2 – 1 = 52) diperoleh nilai Ftabel sebesar 3,18 Dengan demikian Fhitung> Ftabel artinya kualitas produk dan distribusi secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada sirup cap mawar. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis tiga (H3) diterima.