Aplikasi Hadist Shahih Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.51179/ilka.v1i1.1894Kata Kunci:
Android, Hadist ShahihAbstrak
Hadits merupakan perkataan, perbuatan, ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam yang dijadikan sebagai sumber hukum Islam kedua setelah Al Qur’an. Mempelajari hadits adalah salah satu hal yang sangat penting dalam Islam. Hadits yang dapat dijadikan panduan adalah hadits yang diyakini kebenarannya. Salah satu hadits yang paling diyakini kebenarannya adalah hadits shahih. Hadits shahih dapat ditemukan di dalam kitab-kitab hadits shahih seperti Shahih Al-Bukhari, Shahih Muslim, dan kitab ahli hadits abad ini yang di susun oleh Syaikh Al-Albani. Pada aplikasi ini penulis mengambil 40 hadist pada kitab al-‘Arba’in an-Nawawiyah. Aplikasi hadist shahih ini merupakan 2 dimensi dan bersifat single player terdapat 4 pilihan menu yang terdiri dari kata pengantar, hadist yang berisi 40 hadist shahih arbain nawawiyah, game atau kuis. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode blackbox yang terdiri dari pengujian alpha dan beta dapat disimpulkan bahwa pembuatan aplikasi hadist shahih ini dapat membantu meningkatkan pengetahuan pengguna
Unduhan
Referensi
Syaikh Ahmad bin Syaikh Al-fasyani. 2009 Terjemahan Al-Majalisus Saniyyah, al-‘Arba’in an-Nawawiyyah, Mutiara Ilmu, Surabaya.
Sholahudin, M. Agus. Dkk. 2008 Ulumul Hadits. Bandung, Pustaka Setia.
Komputer, Wahana, 2012, Langkah Praktis Membangun Aplikasi Sederhana Platform Android, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Itr,Nuruddin,Ulum Al hadits 2,Bandung:PT Remaja Rosda Karya,1997 Khan Muhammad Shidiq Hasan,Ensiklopedia Hadits Hasan.
Echols, John M and Hassan S. 2005. Kamus Inggris Indonesia : An English – Indonesian Dictionary. PT Gramedia. Jakarta.
Hidayatullah, Akbar, Amarullah M dan Zaky R. 2008. Making Educational Animation Using Flash. Informatika Bandung. Bandung.
Jogiyanto, H.M. 2004. Teori dan Aplikasi Komputer. Andi Offet. Yogyakarta.
Priyanta, F. 2011. Pemrograman Android Untuk Pemula, Cerdas Pustaka Publisher.
Richard, N. F. 1960. Management by System, McGrawHill, New York.
Salim, P. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta.
Sigit, dkk. 2008. Pengembangan Pembelajaran dengan menggunakan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran yang Berkualitas. Karya Tulis Ilmiah. Universitas Negeri Semarang.
Sutopo, Hadi A. 2003. Multimedia Interaktif Dengan Flash. Penerbit Graha Ilmu. Jakarta.
Suyanto, M. 2003. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Andi Offset, Yogyakarta.
M. Amrullah Akbar, Pengertian Flash,. http://www.penngertianflash-2008.com/ (diakses pada 4/8/14).
http://flashbegin.com/ (di akses pada 11 September 2014).
http://id.wikipedia.org/wiki/Permainan_komputer (diakses pada 11 September 2014).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Muslem, Iqbal; Najmuddin
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ini adalah jurnal akses terbuka yang menyediakan akses langsung secara nasional, bebas hambatan ke teks lengkap dari semua artikel yang diterbitkan tanpa biaya pembaca atau institusi mereka untuk mengaksesnya. Pembaca berhak membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan teks lengkap semua artikel di Jurnal ILKA. Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.