ANALISIS KEPUASAN WAJIB PAJAK BERDASARKAN KOMPETENSI FISKUS DAN KUALITAS PELAYANAN (Studi Kasus di Kantor Pajak Pratama Bireuen)

Authors

  • Riyandi Riyandi Prodi Akuntansi FEB UNIKI Bireuen
  • Azhari Azhari Disen FEB Universitas Islam Kebangsaan Indonesia - Bireuen Aceh
  • Danil Mahyu Disen FEB Universitas Islam Kebangsaan Indonesia - Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.51179/eko.v14i2.2578

Keywords:

Taxpayer satisfaction, Fiscus competency, service quality

Abstract

The research was carried out on taxpayers registered at KPP Pratama Bireuen, with 68 taxpayers as samples using the Slovin formula with incidental sampling. Research instrument with a valid and reliable questionnaire. The results of the multiple linear regression analysis approach show that taxpayer satisfaction is influenced by the competence of the Fiscus and service quality, with a regression model Y = 1.138+ 0.297 X1 + 0.218 X2. The influence of the quality of tax authorities' competence is higher than the quality of service. And the coefficient of determination (R2) is 0.793. Meaning that the contribution of Fiscus competence and service quality is 79.3% to Taxpayer Satisfaction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boediono, B. (2003). Pelayanan Prima Perpa-jakan, Jakarta: Rineka cipta,

Devano, Sony dan Kurnia R. (2006). Perpajakan: Konsep, Teori dan Isu. Jakarta: Kencana

Djojohadikusumo, Sumitro (2005). Ekonomi Pembangunan, Jakarta: Pustaka Ekonomi

Erviana, Okky (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUD Dr. Soewondo Kendal. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Harjanti, Sari. (2009). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Pejabat Struktural Eselon III dan IV di Sekretariat Negara Republik Indonesia. Tesis PPs Fisip. UI

Handi, Irawan. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo

Kurnia, S.R (2010) Perpajakan Indonesia, Konsep & Aspek Formal. Bandung: Graha Ilmu.

Liberti pandiangan (2014). Administrasi Perpajakan: pedoman praktis bagi wajib pajak di Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Lintang P. P. (2017). Pengaruh Kompetensi Fiskus dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Wajib Pajak (Survei Pada Pegawai Pajak Kpp Pratama Majalaya Bandung), Skripsi Mahasiswa Prodi Akuntansi FEB Universitas Komputer Indonesia.

Mardiasmo (2011). Perpajakan. Yogyakarta: Penerbit Andi

Pohan, I,S. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Edisi kedua. Jakarta: Buku Kedokteran EGC

Qodir, Subki Abdul. (2008). Pengaruh Kualitas Pelayanan Aparatur Pajak terhadap Kepuasan Wajib Pajak dalam Memenuhi Kewajiban Mengisi dan Menyampaikan SPT PPh 21 Orang Pribadi. (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bekasi Utara). Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Rusydi, M. Khoiru dan Fathoni (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Batu. Jurnal Aplikasi Manajemen 9(3).

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. (2006). Metode Penelitian Survey. Edisi Revisi Cetakan Kedepanbelas. Jakarta: LP3ES

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sultoni (2013). PMK 16/PMK.03/2013 Makin Meneguhkan DJP. http://www.pajak.go.id/.

Tjiptono, F. (2004). Marketing Scales. Yogya-karta: Andi

Vigryana E. E., Mukzam Moch. D., Ruhana E., (2016). Pengaruh Kompetensi Fiskus dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak yang Terdaftar di KPP Pratama Malang Utara), Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 9(2)

Wibowo, A S. (2013). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan di Kota Purwokerto. Skripsi. Semarang: UNS.

Downloads

Published

2022-09-26

How to Cite

Riyandi, R., Azhari, A., & Mahyu, D. (2022). ANALISIS KEPUASAN WAJIB PAJAK BERDASARKAN KOMPETENSI FISKUS DAN KUALITAS PELAYANAN (Studi Kasus di Kantor Pajak Pratama Bireuen). Ekonomika: Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, 14(2), 23–30. https://doi.org/10.51179/eko.v14i2.2578