ANALISIS KEPUASAN WAJIB PAJAK BERDASARKAN KOMPETENSI FISKUS DAN KUALITAS PELAYANAN (Studi Kasus di Kantor Pajak Pratama Bireuen)
DOI:
https://doi.org/10.51179/eko.v14i2.2578Keywords:
Taxpayer satisfaction, Fiscus competency, service qualityAbstract
The research was carried out on taxpayers registered at KPP Pratama Bireuen, with 68 taxpayers as samples using the Slovin formula with incidental sampling. Research instrument with a valid and reliable questionnaire. The results of the multiple linear regression analysis approach show that taxpayer satisfaction is influenced by the competence of the Fiscus and service quality, with a regression model Y = 1.138+ 0.297 X1 + 0.218 X2. The influence of the quality of tax authorities' competence is higher than the quality of service. And the coefficient of determination (R2) is 0.793. Meaning that the contribution of Fiscus competence and service quality is 79.3% to Taxpayer Satisfaction.
Downloads
References
Boediono, B. (2003). Pelayanan Prima Perpa-jakan, Jakarta: Rineka cipta,
Devano, Sony dan Kurnia R. (2006). Perpajakan: Konsep, Teori dan Isu. Jakarta: Kencana
Djojohadikusumo, Sumitro (2005). Ekonomi Pembangunan, Jakarta: Pustaka Ekonomi
Erviana, Okky (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUD Dr. Soewondo Kendal. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Harjanti, Sari. (2009). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Pejabat Struktural Eselon III dan IV di Sekretariat Negara Republik Indonesia. Tesis PPs Fisip. UI
Handi, Irawan. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo
Kurnia, S.R (2010) Perpajakan Indonesia, Konsep & Aspek Formal. Bandung: Graha Ilmu.
Liberti pandiangan (2014). Administrasi Perpajakan: pedoman praktis bagi wajib pajak di Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Lintang P. P. (2017). Pengaruh Kompetensi Fiskus dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Wajib Pajak (Survei Pada Pegawai Pajak Kpp Pratama Majalaya Bandung), Skripsi Mahasiswa Prodi Akuntansi FEB Universitas Komputer Indonesia.
Mardiasmo (2011). Perpajakan. Yogyakarta: Penerbit Andi
Pohan, I,S. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Edisi kedua. Jakarta: Buku Kedokteran EGC
Qodir, Subki Abdul. (2008). Pengaruh Kualitas Pelayanan Aparatur Pajak terhadap Kepuasan Wajib Pajak dalam Memenuhi Kewajiban Mengisi dan Menyampaikan SPT PPh 21 Orang Pribadi. (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bekasi Utara). Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Rusydi, M. Khoiru dan Fathoni (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Batu. Jurnal Aplikasi Manajemen 9(3).
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. (2006). Metode Penelitian Survey. Edisi Revisi Cetakan Kedepanbelas. Jakarta: LP3ES
Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sultoni (2013). PMK 16/PMK.03/2013 Makin Meneguhkan DJP. http://www.pajak.go.id/.
Tjiptono, F. (2004). Marketing Scales. Yogya-karta: Andi
Vigryana E. E., Mukzam Moch. D., Ruhana E., (2016). Pengaruh Kompetensi Fiskus dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak yang Terdaftar di KPP Pratama Malang Utara), Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 9(2)
Wibowo, A S. (2013). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan di Kota Purwokerto. Skripsi. Semarang: UNS.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomi & Pembangunan - FE UMUSLIM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.