PENGARUH HARGA, LOKASI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA WARUNG STEAK JALAN T. AMIR HAMZAH MEDAN

Authors

  • Shamir Hasyim

DOI:

https://doi.org/10.51179/eko.v14i1.1039

Abstract

This research was conducted to determine the influence of price, location and product innovation on consumer satisfaction at Waroeng Steak and Shake Jalan T. Amir Hamzah Medan. The population was 4200 people with a sample of 98 respondents. This research uses quantitative data and multiple linear regression methods. The test results show that price has a negative but not significant effect on consumer satisfaction. Location variables have a significant effect on consumer satisfaction. The Product Innovation variable has a significant effect on Consumer Satisfaction

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Shamir Hasyim

Dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas IBBI Medan

References

Abdullah, Thamrin dan Francis, Tantri. (2016). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Agustin, Sasi, dan Bachrudin, Firdaus. (2017). Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan dan Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sakinah Supermarket. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 6(5).

Alma, Buchory., dan Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran: Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi Dan Tanya Jawab. Bandung: CV. Linda Karya.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ardianto, Elvinaro. 2014. Metodelogi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Cynthia Vanessa dan Hendra N. Tawas.(2014) .“Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Manado”. Jurnal EMBA Vol.2 No.3 Hal. 1214 – 1224 ISSN 2303-1174.

Dhewanto, W., Indradewa, R., Ulfa, W. N., Rahmawati, S., Yoshanti, G., & Lumanga, C. Z. (2015). Manajemen Inovasi untuk Usaha kecil dan mikro. Bandung: CV Alfabeta.

Dheany, Arumsari. 2012. Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) Merek Aqua (Studi pada Konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro: Semarang.

Ferdinand, Augusty. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP UNDIP.

Fure, Hendra. 2013. Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli pada Pasar Tradisional Besehati Celaca. Jurnal EMBA. FE-USRM, Manado

Gerson, F. Richard. (2017). Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Penerbit PPM

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I.( 2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halimah, T, N., Fathoni, A., & Minarsih, M. (2016). Pengaruh Job Insecurity, Kepuasan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Turnover Intention Pramuniaga di Gelael Supermarket (Studi Kasus Pada Gelael Superindo Kota Semarang), Semarang. Journal of Management. ISSN : 2502-7689

Hamdani dan Rambat Lupiyoadi. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Heizer, Jay and Render Barry. (2015). Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Hill, N., Brierly, J., & MacDougall, R. (2017). How to Measure Customer Satisfaction. New York: Routledge.

Husein, Umar. (2014). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., dan Armstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Keller, K., L. (2013). Alih Bahasa: Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid 1. Cetakan Keempat. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler dan Armstrong. (2014). Dasar – Dasar Pemasaran. Jakarta: Universitas Indonesia.

Kotler, P. and Keller. (2016). Marketing Management,15th Edition, Pearson Education, Inc.

Krisdianti, D. L., & Sunarti, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Pizza Hut Malang Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, 70(1), 36-44.

Manus, F. W., & Lumanauw, B. (2015). Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Layanan, Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Tri di Kelurahan Wawalintouan Tondano Barat. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(2).

Morissan M., dkk. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Narimawati, Umi. (2010). Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Agung Media12.

Nurhanifah, A., & Sutopo, S. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada PT. Maharani Tri Utama Mandiri Cabang Semarang). Diponegoro Journal of Management.

Purnamasari, I. Y., Suwena, K. R., & Haris, I. A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk m2 Fashion online di Singaraja Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1).

Purnomo, E.S (2017 Februari). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks”. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755-764.

Pranata, Mario., Widyawati, Nurul. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Bamara Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen 2 (4), hal. 1-15.

Priscilia D. Rondonuwu (2013). Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Nissan March Pada Pt. Wahana Wirawan Manado. Jurnal Emba, ISSN 2303-1174. Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 718-728.

Rangkuti, F. (2015). Riset pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sahir & Syafrida, H. (2021). Dasar-dasar Pemasaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Santoso, A., & Widowati, S. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Dinamika Sosial Budaya Nomor, 2.

Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muhammad Lutfi. 2012. Analisis Data: Untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan: USU Press.

Sofjan, A. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sofyan, C., Sepang, J., & Loindong, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wht’s Up Café Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).

Sudarmanto, E. , et al. (2021). Desain Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif. Cetakan ke I. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukarmen, P., Sularso, R., & Wulandari, D. (2013). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Interverning Pada Produk Gula Pasir Sebelas (GUPALAS) Pabrik Gula Semboro Ptp Nusantara Xi (Persero). Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, 12(2), 64-79.

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam

Pemasaran). Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Sunyoto, D. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS (Center for AcademicPublishing Service).

Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset

Umi Narimawati. 2010. Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Agung Media12.

Utami, W. (2010). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern.. Jakarta: Salemba Empat.

Wirapraja, Alexander et al. (2021). Manajemen Pemasaran Perusahaan. Surabaya: Yayasan Kita Menulis.

Wahono , S., & Abdullah. (2010). Rahasia Sukses Berinovasi Jawara-jawara Indusstri dalam Negri. Jakarta: Prenada Media Group.

Zakaria, S. I., & Astuti, S. R. T. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Pengguna Jasa Transportasi (studi kasus pada pengguna Bus Trans Jogja di Kota Yogyakarta). Diponegoro Journal of Management, 285-292.

Downloads

Published

2022-09-28 — Updated on 2022-05-22

How to Cite

Syarif, S. H. (2022). PENGARUH HARGA, LOKASI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA WARUNG STEAK JALAN T. AMIR HAMZAH MEDAN. Ekonomika : Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, 14(1), 19–28. https://doi.org/10.51179/eko.v14i1.1039