STUDI KEPUSTAKAAN: KETERKAITAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN TEORI KONSTRUKTIVISME

Penulis

  • Rahmi Hayati
  • Husnidar Husnidar

DOI:

https://doi.org/10.51179/vrs.v14i3.1510

Kata Kunci:

Kemampuan komunikasi, model PBL, teori konstruktivisme

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menampilkan kemampuan komunikasi matematis dalam pendidikan matematika dengan mengadaptasi model Problem Based Learning (PBL) berperspektif konstruktivis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif melalui studi pustaka. Penelitian dilakukan melalui tahap pengumpulan data sumber kepustakaan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa menggabungkan pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam kerangka konstruktivis akan meningkatkan keterampilan komunikasi matematis siswa. Perkembangan kognitif yang sukses dan efisien pada peserta didik dikaitkan dengan penggunaan metode pengajaran konstruktivis dan model pedagogis Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). Model pembelajaran ini mendorong peningkatan inspirasi dan motivasi peserta didik yang mengarah pada peningkatan keterampilan berpikir kritis, khususnya dalam kemampuan komunikasi matematis setiap peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Rahmi Hayati

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Almuslim

Husnidar Husnidar

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Almuslim

Diterbitkan

2022-10-21

Terbitan

Bagian

Artikel Penelitian (Research articles)