Rencana Anggaran Biaya dan Metode Pelaksanaan Pengaspalan Ulang AC-WC pada jalan Aramiah Peureulak Kabupaten Aceh Timur

Authors

  • Ismail Ismail Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Lhokseumawe, Indonesia
  • Agung Permata Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Lhokseumawe, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51179/rkt.v7i2.2120

Keywords:

Rencana anggaran Biaya, Metode Pelaksanaan

Abstract

Untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas kegiatan pengaspalan ulang di bidang kontruksi, diperlukan sarana dasar untuk menghitung harga satuan pekerjaan yaitu Analisa Biaya Konstruksi (ABK). Keberhasilan proyek konstruksi ditentukan oleh teraturnya manajemen Konstruksi sesuai dengan pentahapannya, (perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan). Pengaspalan dilakukan pada pekerjaan mulai dari STA 420+250 s/d 421+300. Pada jalan Aramiah.Dalam tugas akhir ini penulis menghitung rencana anggaran biaya yang meliputi Devisi 6. Perkersan Aspal (lapis perekat-aspal cair, dan laston lapis Aus). Tujuan penulisan tugas akhir ini dapat mengetahui besarnya biaya pekerjaan, pada pekerjaan pengaspalan ulang dan metode pelaksanaan pada pekerjaan pengaspalan AC-WC jalan aramiah Kabupaten Aceh Timur. Metode pelaksanaan adalah program kerja yang terukur suatu cara kerja untuk menerapkan sebuah pekerjaan, menerapkan anggaran biaya yang terukur pada pelaksanaan didalamnya terdapat metode kerja, menyangkut dengan anggaran biaya dan metode pelaksanaan. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah (AHSP) 2016. Hasil keseluruhan yang diperoleh Rp. 3,070,293,600.00. (Tiga Miliar Tujuh puluh Juta Dua Ratus  Sembilan PuluhTiga ribu Enam Ratus Rupiah).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Gafur (2012). Pekerjaan Tanah pada Pematangan Lahan untuk Pembuatan Work Shop. PU Kalimantan Timur.

Afifah, K. (2022). Manajemen sarana dan prasaran dalam meningkatkan minat orang tua memasukkan anak di sekolah menengah pertama luar biasa muhammadiyah licin banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember).

Bermula, K., Tjakra, J., & Inkiriwang, R. L. (2020). Pengendalian Biaya Struktur Konstruksi Beton Bertulang Dengan Menggunakan Analisis Indeks Pada Pembangunan Kalyana Residence Pall 2 Manado. Jurnal Sipil Statik, 8(4).

Gafur, A. (2013). Analisa Perhitungan Produktivitas Alat Berat Pada Pelaksanaan Pematangan Lahan Untuk Pembuatan Work Shop di Kab. Malinau Pada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Timur. KURVA MAHASISWA, 1(1), 1-7.

Prasetya, I. W. W. (2022). Analisis Perbandingan Metode Pelaksanaan Pada Pekerjaan Pasangan Dinding Batako Dan Bata Ringan (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung SD Negeri 2 Mengwitani) Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Ismail, I., & Permata, A. (2023). Rencana Anggaran Biaya dan Metode Pelaksanaan Pengaspalan Ulang AC-WC pada jalan Aramiah Peureulak Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Rekayasa Teknik Dan Teknologi (REKATEK), 7(2), 97–99. https://doi.org/10.51179/rkt.v7i2.2120