Evaluasi Pembangunan Kabupaten Pidie berdasarkan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) [Studi Kasus Kecamatan Pidie]

Authors

  • Asri Asri Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh Indonesia
  • Rinaldi Mirsa Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh Indonesia
  • Eri Saputra Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51179/rkt.v7i2.2118

Keywords:

Evaluasi, Perencanaan, Detail Tata Ruang, Pembangunan

Abstract

Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) adalah dokumen perencanaan yang mengatur tata ruang suatu wilayah yang lebih detail dan terperinci dibandingkan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Kajian ini bertujuan untuk mengevaluasi perkembangan Kabupaten Pidie berdasarkan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang telah disusun. Evaluasi akan dilakukan terhadap pelaksanaan RDTR, kinerja pembangunan, dan konsistensi antara rencana pembangunan dan RDTR. Hasil kajian menunjukkan bahwa pelaksanaan RDTR di Kabupaten Pidie masih belum optimal karena terdapat beberapa kendala seperti kurangnya koordinasi antar dinas terkait, kurangnya partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan. Dalam hal ini diperlukan sinergi antara pemerintah daerah dengan masyarakat dalam melaksanakan rencana pembangunan untuk mencapai tujuan RDTR. Selain itu, pemantauan dan evaluasi berkala juga harus dilakukan oleh pihak-pihak terkait untuk memastikan keberhasilan implementasi. Dengan demikian, peneliti berharap dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pihak-pihak terkait dalam pengambilan keputusan terkait pembangunan di Kabupaten Pidie dan meningkatkan pemahaman akan pentingnya Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dalam perencanaan pembangunan daerah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahri, K. (2017). Dampak Film Kartun Terhadap Tingkah Laku Anak (Studi pada Gampong Seukeum Bambong Kecamatan Delima Kabupaten Pidie) (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Hasan, M., & Azis, M. (2018). Pembangunan Ekonomi & Pemberdayaan Masyarakat: Strategi Pembangunan Manusia dalam Perspektif Ekonomi Lokal.

Humaida, N., Sa'adah, M. A., Huriyah, H., & Nida, N. H. (2020). Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan (Sustainable Development Goals) Dalam Perspektif Islam. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 18(1), 131-154.

Micheal P. Tadaro & Stephen C. Smith (2003). Economic Development.

Wijayanto, P. B., & Maryono, M. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dalam Perencanaan Tata Ruang Kota Salatiga. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota, 17(2), 168-182.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Asri, A., Mirsa, R., & Saputra, E. (2023). Evaluasi Pembangunan Kabupaten Pidie berdasarkan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) [Studi Kasus Kecamatan Pidie]. Jurnal Rekayasa Teknik Dan Teknologi (REKATEK), 7(2), 91–96. https://doi.org/10.51179/rkt.v7i2.2118