Analisis Fly Ash terhadap Filler pada campuran Aspal Porus

Authors

  • Ayu Rodhiah Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia
  • Ida Yani Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia
  • Mahdi Mahdi Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51179/rkt.v7i2.2079

Keywords:

Aspal Porus, Aspal Polimer

Abstract

Aspal beton porus merupakan campuran aspal beton yang memiliki gradasi terbuka dan memiliki nilai kekuatan (stabilitas) yang lebih rendah dari pada aspal beton yang menggunakan gradasi rapat. Sehingga aspal porus penggunaannya terbatas untuk keperluan prasarana pendukung seperti lokasi parkir, trotoar, dan pedestrian. Untuk meningkatkan stabilitasnya, penggunaan fraksi halus termasuk bahan pengisi (filler) dalam campuran diharuskan menggunakan proporsi yang lebih banyak. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimental, teknik pengambilan data dilakukan dengan pengamatan (observasi) langsung (participant) di Laboratorium Fakultas Teknik Universitas almuslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kekuatan ( Stabilitas), nilai kelelehan plastis (flow), fleksibilitas (mashall quotient/MQ), dan Rongga dalam campuran aspal porus (void in mix) benda uji aspal beton porus. Hasil pengujian aspal beton porus pada kadar aspal optimum dengan menggunakan filler debu batu 3% sebagai pembanding diperoleh nilai stabilitas 588 kg, dan flow 3,1 mm, marshall quotient (MQ) 193,5 kg/mm, VIM 19,2 %. Sedangkan hasil pengujian aspal beton porus dengan kadar aspal optimum dengan pengganti filler fly ash pada 4 variasi kadar filler fly ash yaitu  0%, 2%, 4%, 6%. Diperoleh hasil terbaik pada penggunaan filler fly ash sebanyak 6% dari berat campuran, dengan nilai stabilitas 782kg, dan flow 3,8 mm, marshall quotient (MQ) 205,2, Vim 18,2 %, Hasil penelitian ini telah memenuhi spesifikasi yang ditetapkan oleh AAPA Tahun 2004.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hery, A. (2019). Karakteristik Campuran Aspal Penetrasi 60/70 Dengan Substitusi Gondorukem. Fakultas Teknik Universitas Almuslim. Bireuen.

Noratul, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Abu Batu Bata Sebagai Filler Spesifikasi Umum. Dokumen Pelelangan Nasional Penyediaan Pekerjaan Konstruksi. Direktorat Jenderal Bina Marga.

Mohammad, A. (2012). Optimasi kadar aspal beton AC 60/70 Terhadap Karakteristik Marshall Pada Lalu Lintas Berat Menggunakan Material Lokal Bantak. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Subagdja, A. (2009). Petunjuk Pedoman Kerja Pratikum Laboratorium Uji Bahan. Lab Uji bahan Jurusan Teknik Sipil Polban. Bandung.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Rodhiah, A., Yani, I., & Mahdi, M. (2023). Analisis Fly Ash terhadap Filler pada campuran Aspal Porus. Jurnal Rekayasa Teknik Dan Teknologi (REKATEK), 7(2), 82–90. https://doi.org/10.51179/rkt.v7i2.2079