Analisis Ergonomi tempat wudhu Masjid di Kota Lhokseumawe berdasarkan Antropometri

Authors

  • Ikhwanul Ansar Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.51179/rkt.v8i2.2061

Keywords:

Ergonomi, Desain, Fasilitas, Masjid, Wudhu

Abstract

Salah satu elemen penting yang menentukan tingkat kenyamanan Masjid adalah tempat berwudhu, yang meliputi akses ke tempat berwudhu, rambu-rambu dan prasarana, serta komponen aliran air wudhu itu sendiri. Penelitian tentang fasiltas wudhu belum banyak yang dilakukan, terlebih lagi pada fasilitas wudhu di Kota Lhokseumawe. Batasan penelitian ini hanya dilakukan pada 10 Masjid dengan kriteria yang sudah ditentukan dalam pemilihan objek penelitian yang merujuk pada ergonomi tempat wudhu khusus pria. Masjid-Masjid yang terpilih ini merupakan Masjid yang aktif digunakan oleh jama’ah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (kuesioner) dan kuantitatif (terukur) dengan analisa kajian perbandingan, yaitu membandingkan dengan standar ergonomi yang ada lalu menuangkan dalam bentuk tabulasi dan memberikan skala penilaian dan penjelasan dengan sumber data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka ditemukan 5 masjid yang sudah menggunakan standar ergonomi dan 5 lainnya belum menggunakan standar ergonomi ruang wudhu secara keseluruhan. Terdapat  2 masjid yang menggunakan fasilitas wudhu khusus duduk dan 8 masjid lainnya hanya menggunakan fasilitas wudhu khusus berdiri. Adapun rekomendasi desain yang diusulkan secara keseluruhan untuk jarak antar kran, ketinggian kran, kondisi dan material lantai dan juga disertakan rekomendasi desain secara keseluruhan untuk masjid yang terdapat di Kota Lhokseumawe.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ikhwanul Ansar, Universitas Malikussaleh

Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh

References

DS.Fahlevi, I Iskandar, M Iqbal, 2020, PenentuanDimensi Meja Dan Kursi Yang Ergonomis Dengan Metode Antropometri Dan Menggunakan Data Statistik Analisis, Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI) 3 (2), 75-79.

Mahardika, W., 2013, “Persepsi Masyarakat terhadap Fasilitas Sosial di Kota Tangerang Selatan”, Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

M.Iqbal, R Salam, I Hasanuddin, AB Hassan, 2020, Body Segment Dimensions of Indonesian Male Army, IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 931 (1), 012013.

M.Iqbal, H Soewardi, A Hassan, CHC Haron, 2004, Ergonomic Study for Optimum Printing Workstation Using Factorial Experiment and Response Surface Methodology, Journal of Occupational Safety and Health 95, 42.

M.Iqbal, I Hasanuddin, A Hassan, MSM Soufi, FErwan, 2020, The Study on Ergonomic Performances Based on Workstation Design Parameters using Virtual Manufacturing Tool, International Journal of Integrated Engineering 12 (5), 124-129.

Qurtubi & Purnomo, H., 2015, “Rancangan Tempat Wudhu Duduk Ergonomis”, Industrial Engineering National Conference Proceeding, UMS.

Rosita, Marhanah, S. & Wahadi, W. H., 2016,“Pengaruh Fasilitas Wisata dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta”, Jurnal Manajemen Resort dan Leisure Vol. 13, no 1.

R.Salam, M Iqbal, I Hasanuddin, 2018, Desain dan Analisis Artificial Exoskeleton pada Prajurit TNI, Jurnal Optimasi Sistem Industri 17 (2), 135-142

Sinaga, I. A., 2015, “Kriteria Masjid Ideal”, Prosiding Temu Ilmiah IPLBI, Manado, available at:https://temuilmiah.iplbi.or.id/kriteria-masjid-ideal diakses pada 22 Januari 2023.

Suparwoko, W., 2016, “Standar dan Desain Tempat Wudhu Dalam Tata Ruang Masjid Dengan Pendekatan Ergonomis dan Efisiensi Air”, Total Media, Kauman GM I/332, Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Ansar, I. (2024). Analisis Ergonomi tempat wudhu Masjid di Kota Lhokseumawe berdasarkan Antropometri. Jurnal Rekayasa Teknik Dan Teknologi, 8(2), 101–109. https://doi.org/10.51179/rkt.v8i2.2061