Kajian Faktor Perubahan Fungsi Ruang Permukiman [Studi Kasus: Perumahan Dago Asri, Bandung]

Authors

  • Alfikhairina Jamil Jurusan Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Budaya Indonesia Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51179/rkt.v7i2.2033

Abstract

Perkembangan sebuah kota akan selalu mempengaruhi aspek kehidupan penduduknya, tidak terkecuali aspek permukiman. Kota Bandung yang merupakan salah satu kota terbesar ketiga di Indonesia, dan juga merupakan pusat pemerintahan dan perekonomian Provinsi Jawa Barat pun tidak luput dari permasalahan tersebut. Banyak sekali kawasan yang awalnya diperuntukkan sebagai kawasan perumahan dan permukiman kini berubah fungsinya menjadi area komersil. Transformasi ini pun terjadi di kawasan Perumahan Dago Asri, sebuah area perumahan yang berada di pusat Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan fungsi lahan permukiman menjadi lokasi komersil pada Perumahan Dago Asri Bandung. Penelitian ini menggunakan dua metode, yaitu observasi dan pengambilan databasesecara mandiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akses dan lebar jalan menjadi salah satu faktor pendorong beralihnya fungsi hunian menjadi lokasi usaha. Tingkat kepuasan konsumen yang didapatkan dari aplikasi layanan online juga dapat dijadikan rujukan untuk melihat berhasil atau tidaknya sebuah usaha dijalankan dari perumahan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cintyarani, A. G., Pamardhi-Utomo, R., & Miladan, N. ALIH FUNGSI HUNIAN MENJADI KOMERSIAL DAN KENYAMANAN BERMUKIM DI BINTARO SEKTOR 9 TANGERANG SELATAN. Desa-Kota: Jurnal Perencanaan Wilayah, Kota, dan Permukiman, 3(1), 17-23.

Egbenta, R. I. (2009). Analysis of residential land use change in Enugu urban. Journal of Environmental Management and Safety (IEMS), 1(1), 110-123.

Hapsari, A., & Syahbana, J. A. (2013). Pergeseran Fungsi Rumah di Kampung Kauman Semarang. Teknik PWK (Perencanaan Wilayah Kota), 2(1), 168-182.

Kim, W. C., & Mauborgne, R. (2014). Blue ocean strategy, expanded edition: How to create uncontested market space and make the competition irrelevant. Harvard business review Press.

Lambin, E. F., Geist, H. J., & Lepers, E. (2003). Dynamics of land-use and land-cover change in tropical regions. Annual review of environment and resources, 28(1), 205-241.

Prihatin, R. B. (2015). Alih fungsi lahan di perkotaan (Studi kasus di Kota Bandung dan Yogyakarta). Jurnal Aspirasi, 6(2), 105-118.

Primaningtyas, M., & Sufian, S. (2012). Pengaruh Aksesibilitas, Atribut Fisik, Kesehatan Lingkungan dan Fasilitas Publik terhadap Kepuasan Bermukim (Studi Kasus pada PT. Armada Hada Graha Magelang) (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Darmady, I. S. (2018). Studi Transformasi-Adaptasi Ruang Kota di Kawasan Pusat Bisnis Karet Kuningan, Jakarta. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 2(2), 464-477.

Umar, F. P., Sela, R. L., & Tarore, R. C. (2016). Perubahan Fungsi Pemanfaatan Ruang di Kelurahan Mogolaing Kota Kotamobagu. SPASIAL, 3(3), 156-163.

WICAKSONO, S. (2021). Pengaruh Kegiatan Komersil Terhadap Aspek Kenyamanan, Sosial, Dan Lingkungan Warga Di Koridor Nilem 1 Kota Bandung. FTSP.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Jamil, A. (2023). Kajian Faktor Perubahan Fungsi Ruang Permukiman [Studi Kasus: Perumahan Dago Asri, Bandung]. Jurnal Rekayasa Teknik Dan Teknologi (REKATEK), 7(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/rkt.v7i2.2033