Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan [Studi Kasus: Jalan Kolonel Husein Yusuf dan Jalan Medan-Banda Aceh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen]
DOI:
https://doi.org/10.51179/rkt.v7i1.1832Keywords:
Hambatan Samping, Kinerja Jalan, Kapasitas, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014Abstract
Jalan merupakan infrastruktur yang berperan penting sebagai salah satu prasarana transportasi di Indonesia. Keberadaan ruas jalan pada suatu daerah akan sangat menunjang perekonomian daerah tersebut. Oleh karena itu, terdapat perbandingan lurus antara hubungan tingkat efektifitas ruas jalan dengan pertumbuhan perekonomian suatu wilayah. Adanya pusat perbelanjaan dapat mengakibatkan hambatan samping pada ruas jalan di sekitar segmen jalan tersebut, termasuk Jalan Kolonel Husein Yusuf dan Jalan Medan-Banda Aceh menerima dampak hambatan samping akibat adanya pusat perbelanjaan. Dengan hubungan tersebut, perlu dilakukan suatu penelitian terhadap pengaruh hambatan samping pada ruas jalan mengingat dampaknya yang sangat signifikan terhadap tingkat pelayanan lalu lintas jalan. Kajian kinerja jalan ini disurvei berdasarkan metode PKJI 2014. Berdasarkan hasil survey volume lalulintas puncak jam sibuk di jalan Kolonel Husein Yusuf terjadi terjadi pada hari senin pada pukul 12:00-13:00 yaitu sebesar 689 skr/jam, sementara itu jam puncak sibuk di jalan Medan-Banda Aceh terjadi pada hari minggu pada pukul 17:00-18:00 sebesar 1472 skr/jam. Kelas hambatan samping pada jalan Kolonel Husein Yusuf termasuk ke dalam kelas sedang dengan nilai bobot sebesar 300.9, sementara itu jalan Medan-Banda Aceh termasuk ke dalam kelas hambatan samping sedang dengan nilai bobot sebesar 339,4. Dari hasil penelitian dan perhitungan yang dilakukan dengan metode PKJI 2014 didapatkan derajat kejenuhan pada jalan Kolonel Husein Yusuf sebesar 0,21 dan 0,56 untuk jalan Medan-Banda Aceh. Berdaasarkan PKJI 2014 jalan Kolonel Husein Yusuf dan jalan Medan-Banda Aceh berada pada tingkat pelayanan C yaitu arus lalu lintas stabil tetapi, gerak kendaraan dikendalikan dan pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan.
Downloads
References
Awiyaningsih, (2018), Analisis Dampak Lalu Lintas Pembangunan Mall Lagoon Avenue Sungkono Terhadap Kinerja Simpang Di Jalan Mayjend Sungkono - Hr Muhammad Surabaya.
Caesar Dinata R, (2014), Analisis Kinerja Jalan Akibat Pengaruh Hambatan Samping di Jalan Diponegoro Kota Banda Aceh, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
Chaerunisa, (2019), Dampak Lalu Lintas Akibat Beroperasinya Mall Terhadap Kinerja Jalan, Politeknik Negeri Jakarta.
Dikun, S. Dan Arif, D., (1993), Strategi Pemecahan Masalah Luas Bangunan dan Lalu Lintas.
Djamal, I dan Abimanyu, U. (1993). Pengaruh Pemanfaatan Gedung Tinggi Terhadap Dampak Lalu Lintas. Jakarta: Universitas
Taruma Negara.
Direktorat Jenderal Bina Marga, 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta.
Hutchinson, B.G. (1974) Estimating Urban Goods Movement Demands, Transportation Research Record, 496, 1−15.
Harits Febiranda, (2018), Tinjauan Kinerja Jalan Teuku Umar Setelah Beroperasi Suzuya Mall Banda Aceh. Banda Aceh:
Universitas Syiah Kuala
Murwono, (2003), Perencanaan Transportasi, Jakarta, Erlangga.
Muhajir, (2014), Analisis Dampak Lalu Lintas Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus: Pembangunan Mall Suzuya Dijalan Teuku
Umar Seutui – Banda Aceh). Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kumita, Idayani, Muhamad Syahroni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.