Analisa Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Pavement Condition Index [Studi Kasus: Jalan Line Pipa Kecamatan Nibong Kabupaten Aceh Utara]
DOI:
https://doi.org/10.51179/rkt.v7i1.1830Keywords:
Pekerasan lentur, kerusakan jalan, indeks kondisi jalan, metode pci.Abstract
Prasarana yang terbebani oleh volume lalu lintas yang tinggi dan berulang-ulang akan menyebabkan terjadinya penurunan kualitas jalan sebagaimana indikatornya dapat diketahui dari kondisi permukaan jalan, baik kondisi structural maupun fungsionalnya yang mengalami kerusakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan tingkat kerusakan pada permukaan jalan dan mengetahui nilai kondisi kerusakan perkerasan jalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode PCI (Pavement Condition Index).PCI (Pavement Condition Index) adalah sistem penilaian kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis, tingkat dan luas kerusakan yang terjadi. Tingkat PCI dituliskan dalam tingkat 0 sampai 100.Nilai 0 menunjukkan perkerasan dalam kondisi sangat rusak dan nilai 100 menunjukkan perkerasan masih sempurna. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan jenis kerusakan yang dapat ditemukan pada ruas Jalan Line Pipa Kecamatan Nibong Kabupaten Aceh Utarayaitu kondisi Sangant Baik (Very good) terdapat pada sta 0+100, sta 1200 + 1300, sta 1600 + 1700 kondisi Baik (Good) terdapat pada sta 100 + 200, sta 200 + 300, sta 300 + 400, sta 400 + 500, sta 700 + 800, sta 800 + 900, sta 900 + 1000, sta 1100 + 1200, sta 1300 + 1400, sta 1500 + 1600, sta 1800 + 1900, sta 1900 + 2000 kondisi Cukup (Fair) terdapat pada sta 500 + 600, sta 600 + 700, sta 1000 + 1100, sta 1700 + 1800.Berdasarkan rekomendasi darimetode PCI (Pavement Condition Index) diperoleh kondisi kerusakan rata-rata ruas Jalan Line Pipa Kec. Nibong Kab. Aceh Utara adalah sebesar 62,45%. Prioritas penanganan yang tepat dilakukan setelah mengetahui nilai PCI sebesar 62,45% yaitu perbaikan dengan pemeliharaan berkala.
Downloads
References
Direktorat Jenderal Bina Marga (1990). Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota, No. 018/T/BNK/1990
Fikri, 2016. Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Lentur Dengan Metode Pavement Condition Index (Pci) Studi Kasus Ruas Jalan Poros
Lamasi-Walenrang Kabupaten Luwu. Universitas Andi Djemma Palopo.
Gemo AS, (2019) “Evaluasi Kerusakan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index(Pci) Pada Ruas Jalan Ki Hajar Dewantara
Kota Borong” Program Studi Teknik Sipil ITN Malang.
Lasarus R, (2020). Analisa Kerusakan Jalan Dan Penanganannya Dengan Metode Pci (Pavement Condition Index) (Studi Kasus:
Ruas Jalan Kauditan (By Pass) – Airmadidi ; Sta 0+770 – Sta 3+770 ) "Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Sam Ratulangi
Manado.
Mubarak, 2016 “Analisa Tingkat Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (Pci) Studi Kasus : Jalan
Soekarno Hatta Sta. 11 + 150 s.d 12 + 150. Universitas Abdurrab, Pekanbaru, Indonesia .
Shahin, M. Y. (1994). Pavement Management for Airports, Roads, and Parking Lots.Chapman & Hall. New York Sukirman. S (1999). Perkerasan Lentur Jalan Raya, Erlangga, Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Iskandar, Aris Munandar, Suhaimi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.