Analisis Biaya Operasional Kendaraan Umum Hiace Sebelum Pandemi Covid-19 Dan Di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.51179/rkt.v6i2.1376Keywords:
Biaya Operasional Kendaraan, ATP, WTPAbstract
Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh turunan coronavirus baru, “CO” diambil dari corona, “VI” virus, dan “D” disease (penyakit). Covid-19 ini adalah penyakit menular yang disebabkan oleh sindrom pernapasan akut coronavirus 2 (Sars-CoV-2). Sejak bulan Maret 2020 pandemi Covid-19 mulai masuk ke Indonesia dan berlangsung sampai tahun 2021, dan wabah ini tidak berdampak pada sektor kesehatan saja , akan tetapi berdampak pada sektor ekonomi dunia dan banyak negara, termasuk Indonesia. Pada saat diberlakukannya PSBB, ekonomi Indonesia pun mengalami resesi ekonomi dan masyarakat terkena dampak dari PSBB. Akibatnya daya beli menurun, masyarakat pun tidak boleh berpergian, sehingga transportasi semakin lesu karena penumpang sedikit tapi tetap harus beroperasi. Lemahnya daya beli dapat berakibat pada penurunan tarif angkutan umum. Metode penelitian menggunakan dua cara yaitu wawancara dan kuesioner. Wawancara digunakan untuk mendapatkan data BOK dan kuesioner digunakan untuk mendapatkan data ATP dan WTP. Dari ketiga perusahaan yang diambil sampel didapat Biaya Operasional Kendaraan yang terbesar dari Hiace PT. JRG (Jasa Rahayu Geumpang), BOK sebelum Covid sebesar Rp485.820.000 dan BOK pada saat Covid sebesar Rp485.300.000. Besaran rata-rata tarif berdasarkan ATP sebesar Rp 176.627 dan besaran rata-rata tarif berdasarkan WTP sebesar RP 135.222.
Downloads
References
Arum, S dan Samin, (2014), Analisa Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK), ATP dan WTP, Universitas Muhamma- diyah Malang.
Fauziyyah, Ishmah, (2016), Analisis ATP (Ability To Pay) Dan WTP (Willingness To Pay) Terhadap Keputusan Penentuan Kelas Iuran Jaminan Kesehatan Pada Sopir Angkot Di Kota Semarang, Skripsi, Universitas Negeri Semarang.
Jalil, Erlinawati, (2018), Analisis Biaya Operasional Kendaraan, Ability To Pay Dan Willingness To Pay Untuk Penentuan Tarif Bus Trans Koetaradja Koridor III, Jurnal, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh
Mankiw, (2014), Pengantar Ekonomi Makro. Principle Of Economics, Salemba Empat, Jakarta.
Nugroho, H., Purwaningsih,R.,(2015). Analisis Tarif Berdasarkan BOK dan WTP Pada Bus AKAP Kelas Executive.(Studi Kasus : Bus Rosalia Indah Kelas Executive Jurusan Solo-Jabodetabek). Universitas Diponegoro
Russel Steven, (1996), Ability To Pay For Health Care : Concepts And Evidence, Health Policy And Planning, 11(3) : 219-37.
Taty, Yuniarti, (2009), Analisis Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan, Ability To Pay Dan Willingness To Pay (Studi Kasus PO. ATMO Trayek Palur-Kartasura Di Surakarta), Skripsi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Warokka,R., Pandey,S,V, dan Timboeleng,J, A., (2020),Analisa Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Angkutan Umum (Studi Kasus:Trayek Manado-Bitung). Universitas Sam Ratulangi Manado.
Zukfikar, (2015), Analisis Ability To Pay dan Willingness To Pay Penumpang Angkutan Umum Minibus L300, Tugas Akhir, Universitas Teuku Umar, Alue Peunyareng – Meulabo
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Aulia Fazira, Mukhlis, N S Ersa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.