Efektifitas Penerapan Sustainable Design Pada Aspek Material Bangunan

Authors

  • Fitri Muliani Program Studi Arsitektur, Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia
  • Aris Munandar Program Studi Arsitektur, Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51179/rkt.v6i2.1375

Keywords:

Sustainable design, aspek material, building material life cycle, deskriptif kualitatif.

Abstract

Perkembangan industri konstruksi merupakan salah satu sektor penyumbang terbesar terjadinya pemanasan global yang mengakibatkan keberadaan sumber daya air baik secara kualitas dan kuantitasnya. Istilah ini menjadi indikator keterkaitan antara sustainable design dan green building yang mana merupakan dua istilah yang sedang familiar dan berkembang pada dunia konstruksi di Indonesia belakangan ini. Secara global, proyek pembangunan diperkirakan menggunakan 50% sumber daya alam, 48% energi dan 16% air. Untuk itu, diperlukan aturan yang jelas mengenai penggunaan material pada bangunan yang mengarahkan pada sustainable design dan dapat disesuaikan pada tahap pembangunan bangunan. Pemerintah telah mengeluarkan regulasi mengenai sustainable design yang disebut dengan Green Building Council Indonesia (GBCI) yang didasarkan pada siklus pengadaan material bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas penerapaan konsep sustainable design pada material bangunan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang menganalisis penelitian sebelumnya mengenai sustainable design pada aspek material bangunan. Kajian data yang diperoleh dari sumber-sumber yang terpercaya dan dapat dilacak sumbernya pada google scholar index, guna mengidentifikasi leteratur akademik yang relevan. Selain itu, penelitian ini menganalisis berbagai persepsi mengenai sustainable design dari para peneliti sebelumnya. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pemilihan material merupakan aspek perioritas dalam mewujudkan sustainable design yang berkesinambungan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fitri Muliani, Program Studi Arsitektur, Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Program Studi Arsitektur, Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Aris Munandar, Program Studi Arsitektur, Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Program Studi Arsitektur, Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

References

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 08 Tahun 2010 Tentang Kriteria Dan Sertifikasi Bangunan Ramah Lingkungan

Ervianto, Wulfram I. (2013). Kajian Kerangka Legislatif Penerapan Green Construction Pada Proyek Konstruksi Gedung di Indonesia. Institut Teknologi Bandung

Rancangan Peraturan Menteri (Rapermen) Pekerja Umum Tentang Pedoman Teknis Bangunan Hijau.

Green Building Council Indonesia. (2104). GREENSHIP Untuk Bangunan Baru Versi 1.2. Ringkasan Kriteria dan Tolak Ukur.

Sangkertiadi. (2014). Tantangan Kesiapan Sektor Konsruksi Nasional Menghadapi Pembangunan Masa Depan Berbasis Green Development. Musyawarah Nasional GAPEKSINDO. Bandung.

Syahriah, Dewi R. (2017). Penerapan Aspek Green Material Pada Kriteria Bangunan Ramah Lingkungan di Indonesia. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia. Institut Teknologi Bandung.

Wimala, dkk. (2016). Breaking Through The Barries to Green Building Movement in Indonesia: Insight From Building Occupants. 3rd International Conference on Power and Energy System Engineering. Japan. Journal ELSIVIER. pp 469-474.

Ratnaningsih, dkk. (2019). Penilaian Kiteria Green Building Pada Pembangunan Gedung IsBD Project Berdasarkan Skala Indeks Menggunakan Greenship Versi 1.2 (Studi Kasus: Gedung Engineering Biotechnology Universitas Jamber). Journal Berkala Sainstek, VII (2). Pp 59-66.

Roshaunda, dkk. (2019). Penilaian Kriteria Green Building Pada Bangunan Gedung Universitas Pembangunan Jaya Berdasarkan Indikasi Green Builidng Council Indonesia. Journal Widiyakala, Vol.6. pp 28-46.

Widiati. (2019). Tinjauan Studi Analisis Komperatif Bangunan Hijau (Green Building) Dengan Metode Asesmen Sebagai Upaya Mitigasi Untuk Perkembangan Konstruksi Yang Berkelanjutan. Prosiding Konferensi Nasional Pasca Sarjana Teknik Sipil (KNPTS). Pp 69-76.

MacNaughton, dkk. (2017). The Impact Of Working In A Green Certified Building On Cognitive Function and Health. Journal of Building and Environment. Pp 114-178.

Ervianto, Wulfram I. (2015). Implementasi Green Construction Sebagai Upaya Mencapai Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Makalah Dalam Konverensi Nasional Forum Wahana Teknik ke II.

Downloads

Published

2022-07-29

How to Cite

Muliani, F., & Munandar, A. (2022). Efektifitas Penerapan Sustainable Design Pada Aspek Material Bangunan. Jurnal Rekayasa Teknik Dan Teknologi (REKATEK), 6(2), 96–102. https://doi.org/10.51179/rkt.v6i2.1375