Analisis Kemacetan Lalu Lintas Di Suatu Wilayah [Studi Kasus Di Ruas Jalan Medan–Banda Aceh Kawasan Simpang Adam Batre Bireuen]

Authors

  • Kumita Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia
  • Aris Munandar Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia
  • Alwan Shabir Alumni Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51179/rkt.v6i2.1373

Keywords:

Volume lalu lintas, Simpang tak bersinyal, kapasitas simpang, tingkat pelayanan, PKJI 2014

Abstract

Permasalahan transportasi di Kabupaten Bireuen semakin serius, salah satunya adalah arus lalu lintas yang tidak lancar (kemacetan) terutama pada kawasan Jalan Medan–Banda Aceh Kawasan Simpang Adam Batre Bireuen. Jalan tersebut juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendukung sektor-sektor perdagangan, perkantoran, pendidikan, dan jasa yang semua itu dapat berjalan dengan baik apabila sarana-sarana pendukung cukup memadai. Penyebab kemacetan pada jalan tersebut adalah karena adanya pengendara yang berhenti/parkir di sisi jalan, pengendara yang masuk/keluar dari persimpangan jalan dan juga kendaraan umum yang menurunkan/menaikan penumpang pada kawasan simpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemacetan yang terjadi pada ruas Jalan Medan–banda aceh Kawasan Simpang Adam Batre Bireuen dan mengetahui solusi supaya bisa mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini berpedoman pada metode PKJI 2014. Besarnya volume puncak arus lalu lintas pada waktu pengamatan dengan total volume arus lalu lintas (Q) sebesar 2108,01  skr/jam,  nilai kapasitas simpang sebesar 2434 skr/jam dan dengan nilai derajat kejenuhan (DJ) sebesar 0,86 yang berarti pada persimpangan tersebut mengalami kejenuhan, karena 0,86 > 0,85 dan simpang tersebut mengalami masalah. Kondisi ini perlu diadakan perbaikan dengan pengurangan hambatan samping di sekitar simpang dan untuk penanganan simpang selanjutnya perlu dipertimbangkan adanya pemasangan rambu lalu-lintas pada kawasan simpang tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Kumita, Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Aris Munandar, Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Alwan Shabir, Alumni Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Alumni Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

References

Anonim, (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Indonesia: Departemen PU Dirjen Bina Marga.

Badan Pusat statistik Kabupaten Bireuen, 2021. Data jumlah penduduk Kabupaten Bireuen. BPS Kabupaten Bireuen.

Darmayanti, R. (2019). Analisis Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Tiga Jalan Raya Serang Km 24-Jalan Akses Tol Balaraja Barat ,Balaraja,Kabupaten Tanggerang,Banten), Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa JL. Jendral Sudirman KM 03 Cilegon, Banten.

Munawar, A. (2004). Manajemen lalu lintas perkotaan. Yogyakarta.

Nurmaya, R.D. (2020). Analisis Kinerja Jalan Mayjen Sungkono Surabaya Dengan Metode Pkji 2014, Fakultas Teknik, Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya.

Putri, O.K. Analisis Kemacetan Lalu Lintas Di Suatu Wilayah (Studi Kasus Di Jalan Teuku Umar,Bandar Lampung), Fakultas Teknik, Universitas lampung.

Setiawan, A. (2018). Analisa Kinerja Ruas Jalan Pada Jalan Parameswara Kota Palembang” Fakultas Teknik, Universitas Bina Darma, Palembang.

Setiawan, E. (2019). Evaluasi Kinerja Simpang Tak Bersinyal Tipe T Jalan Medan- Banda Aceh Simpang Bale Seutui, Fakultas Teknik, Universitas Almuslim Bireuen.

Downloads

Published

2022-07-29

How to Cite

Kumita, K., Munandar, A., & Shabir, A. (2022). Analisis Kemacetan Lalu Lintas Di Suatu Wilayah [Studi Kasus Di Ruas Jalan Medan–Banda Aceh Kawasan Simpang Adam Batre Bireuen]. Jurnal Rekayasa Teknik Dan Teknologi (REKATEK), 6(2), 78–82. https://doi.org/10.51179/rkt.v6i2.1373