Pengaruh Substitusi Pasir Terhadap Kuat Tekan Mortar Plastik, Studi Kasus Campuran Plastik Bakar LDPE, HDPE Dan PET

Authors

  • R. Dedi Iman Kurnia Prodi Teknik Sipil Universitas Al Muslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia
  • Sofyan Nur Alumni Prodi Teknik Sipil Universitas Al Muslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51179/rkt.v6i2.1372

Keywords:

Mortar plastik, limbah plastik bakar, high density polyethylene, low density polyethylene polyethylene etilen terephalate, substitusi pasir, kuat tekan

Abstract

Pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh limbah plastik sangat dominan dan menjadi isu yang mendunia dalam bidang lingkungan hidup. Upaya memanfaatkan limbah plastik untuk dijadikan bahan material bangunan merupakan salah satu alternatif yang diharapkan dapat mengurangi efek pencemaran yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi dari limbah plastik bakar (LPB) untuk digunakan sebagai bahan ikat pembuatan mortar plastik. Bahan plastik yang digunakan berjenis high density polyethylene (HDPE), low density polyethylene (LDPE) dan polyethylene etilen terephalate (PET). Dilakukan variasi substitusi pasir terhadap bahan plastik, dengan asumsi dapat memperbaiki nilai kuat tekan yang dihasilkan. Variasi substitusi pasirterhadap plastik adalah sebesar 10, 20, 30, 40 dan 50 persen dari volume plastik.Benda uji mortar plastik dibuat berbentuk kubus dengan ukuran 5 x 5 x 5 cm. Pengujian kuat tekan dilakukan setelah benda uji mencapai umur 14 hari. Hasil pengukuran berat jenis benda uji mortar plastik berkisar antara 941,3 Kg/M3 sampai dengan 1972 Kg/M3. Hasil pengujian kuat tekan benda uji mortar plastik yang diperoleh berkisar antara 8,201 MPa sampai dengan 13,679 Mpa. Hasil pengujian kuat tekan mortar plastik berbanding lurus dengan variasi persentase substitusi pasir yang digunakan. Semakin besar persentase substitusi pasir yang digunakan semakin besar pula nilai kuat tekan yang diperoleh. Substitusi pasir yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kuat tekan mortar plastik. Hal ini terjadi karena material pasir memiliki kakuatan yang lebih baik dari plastik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

R. Dedi Iman Kurnia, Prodi Teknik Sipil Universitas Al Muslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Prodi Teknik Sipil Universitas Al Muslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Sofyan Nur, Alumni Prodi Teknik Sipil Universitas Al Muslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Alumni Prodi Teknik Sipil Universitas Al Muslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

References

Anonim, http:// alamendah. wordpress. com//

Dampak – plastik terhadap lingkungan, diakses 12 Oktober 2019.

Anonim, https://www.scribd.com//Proses-Manufaktur-Plastik, diakses 10 Oktober 2019.

Anonim,http://media.rooang.com/2014/06/sampah–material–alternatif-untuk-dinding/, diakses 05 Oktober 2019.

BSN, (2002), Standar Nasional Indonesia (SNI 03-6825-2002), Metode pengujian kekuatan tekan mortar semen portland untuk pekerjaan sipil. Badan Standardisasi Nasional.Teknologi Beton A-Z, Universitas Indonesia, Jakarta.

BSN, (2008), Standar Nasional Indonesia (SNI 2825 : 2008), Cara Uji Kuat Tekan Batu Uni aksial. Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pekerjaan Umum.

Karuniastuti, Nurhenu, 2013, Bahaya Plastik terhadap Kesehatan dan Lingkungan. Paper Forum Teknologi Volume 03 No 01, Jakarta.

Moavenzadeh F. and H.F. Taylor, (1995). Recycling and Plastics. Center for Construction Research and Education, Departement of Civil and Environtmental Engineering Massachuett Institute of Technology. Cambridge, Massachuett, USA.

Syarief.R., S. Santausa dan Isyana, (1989), Teknologi Pengemasan Pangan, PAU Pangan dan Gizi, IPB Bogor.

Downloads

Published

2022-07-29

How to Cite

Kurnia, R. D. I., & Nur, S. (2022). Pengaruh Substitusi Pasir Terhadap Kuat Tekan Mortar Plastik, Studi Kasus Campuran Plastik Bakar LDPE, HDPE Dan PET. Jurnal Rekayasa Teknik Dan Teknologi (REKATEK), 6(2), 73–77. https://doi.org/10.51179/rkt.v6i2.1372