Penataan Parkir Berdasarkan Kinerja Jalan [Studi Kasus Jln. Tgk. Syik Johan Alamsyah-Bireuen]

Authors

  • Romaynoor Ismy Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia
  • Husaini Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia
  • Yuliar Kharis Mahasiswa Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51179/rkt.v6i2.1370

Keywords:

Volume Lalu Lintas, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan, MKJI 1997

Abstract

Terbatasnya ruang lalu lintas hingga dapat menghambat mobilitas kendaraan.Disamping itu, aktivitas parkir yang kurang tertata rapi juga dapat menimbulkan masalah terhadap kinerja jalan tersebut hal ini karena adanya pengurangan lebar ruas jalan. Kondisi yang demikian juga terjadi di Jalan Tgk. Syik Johan Alamsyah-Bireuen Provinsi Aceh. Jalan ini terletak  di pusat kota Bireuen Provinsi Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Derajat Kejenuhan (DS) dan Tingkat Pelayanan (TP) dan rekomendasi penataan ruang parkir Jalan Tgk. Syik Johan Alamsyah-Bireuen.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 1997 (MKJI 1997). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Derajat Kejenuhan setiap jamnya 0,51 sampai dengan 1,26. Derajat Kejenuhan harian 0,83. Tingkat Pelayanan  untuk tiap jamnya F sampai dengan B. Tingkat Pelayanan  harian berada pada D. Rekomendasi Penataan Ruang Parkir Mobil Penumpang Golongan 1 dapat dilakukan dalam 3 alternatif. Alternatif 1 sudut parkir 0o dapat menampung sebanyak 19 kendaraan. Alternatif 2 sudut parkir 30odapat menampung sebanyak 47 kendaraan.Aternatif 3 sudut parkir 45odapat menampung sebanyak 62 kendaraan. Rekomendasi Penatan Ruang Parkir Sepeda Motor dilakukan dengan sudut parkir 90o, 160 kendaraan tertampung.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Romaynoor Ismy, Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Husaini, Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Yuliar Kharis, Mahasiswa Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Mahasiswa Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

References

Abdullah S., Nurmiati Z., Nuradyla S., (2018), “Analisis Penataan Ruang Parkir Bahu Jalan untuk Meningkatkan Kinerja Jalan Di Pasar Campalagian Kabupaten Polman” Universitas Sulawesi Barat, Sulawesi Barat.

Abubakar, I., (1998), “Menuju Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang Tertib” Puslitbang Jalan dan Jembatan, Jakarta.

Anonim, (1996), keputusan Direktur Jendral Perhubungan Darat No.272/HK.105/DRJD, Pedoman Teknis Penyelenggaraan Parkir, Departemen Perhubungan, Jakarta.

Anonim, (1997), Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga, Jakarta.

Anonim, (1998), Pedoman Pengumpulan Data Lalu Lintas Jalan, Direktorat Jendral Perhubungan Darat, Jakarta.

Hadijah I., Sriharyani L., (2016), Pengaruh Parkir Badan Jalan Terhadap Kinerja Jalan, Universitas Muhammadyah Metro Lampung, Lampung.

Hobbs, FD., (1995), Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Edisi ke dua Penerjemah Ir. Suprapto, Departemen Perhubungan, Jakarta.

Khisty, C. Jotin, & Lall, B. Kent, (1990), Transportation Engineering: An Introduction, Prentice-Hall, Inc., New Jersey.

Lydia Surijani Tatura, (2011), Analisis Penataan Ruang Parkir Pasar Central Kota Gorontalo, Jakarta.

Morlok, Edward K., (1985). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Penerbit Erlangga. Jakarta

Tamin, Ofyar Z., (2000), Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Penerbit ITB, Bandung.

Downloads

Published

2022-07-29

How to Cite

Ismy, R., Husaini, H., & Kharis, Y. (2022). Penataan Parkir Berdasarkan Kinerja Jalan [Studi Kasus Jln. Tgk. Syik Johan Alamsyah-Bireuen]. Jurnal Rekayasa Teknik Dan Teknologi (REKATEK), 6(2), 103–107. https://doi.org/10.51179/rkt.v6i2.1370