Karakteristik Campuran Aspal Beton Dengan Substitusi Limbah Ethylene Vinyl Acetate Menggunakan Gradasi Terbuka

Authors

  • Deni Iqbal Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia
  • Fajria Alumni Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51179/rkt.v6i1.1042

Keywords:

Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC), Ethylene Vinyl Acetate (EVA), Laston, karakteristikMarshall, gradasi terbuka.

Abstract

Jalan yang tidak memiliki fasilitas drainase yang baik di beberapa daerah khususnya di Aceh yang sering tergenang banjir pada saat musim hujan dapat membuat kekuatan bahan dari campuran aspal semakin lama semakin berkurang, serta dapat menimbulkan kerusakan pada bagian perkerasan jalan seperti terkikisnya lapisan permukaan jalan, hal tersebut membuat permukaan aspal menjadi kasar ditambah dengan kemampuan menerima beban pada kendaraan yang melintas dapat membuat aspal rusak dalam waktu yang relatif singkat, Untuk itu perlu adanya inovasi dengan menggunakan alternatif bahan pengganti seperti limbah Ethylene Vinyl Acetate (EVA), Modifikasi aspal penetrasi 60/70 bertujuan untuk mengetahui karakteristik campuran aspal beton AC-WC yang disubstitusi limbah EVA. Serta bertujuan untuk mengetahui persentse substitusi EVA yang menghasilkan karakteristik optimum pada gradasiterbuka. Pada penelitian ini parutan limbah EVA disubstitusikan sebanyak 1,5%, 2,5%, dan 3,5% terhadap berat aspal. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu karakteristik campuran aspal dengan substitusi EVA menggunakan gradasi terbuka belum memenuhi persyaratan Bina Marga 2010 revisi 3 (2014) pada nilai VIM yaitu pada substitusi 3,5%EVA, Sedangkan untuk nilai stabilitas, flow, MQ, density, VFA dan VMA sudah memenuhi persyaratan Bina Marga 2010 revisi 3 (2014).. Persentase variasi EVA optimum pada gradasi terbuka diperoleh pada substitusi 1,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Deni Iqbal, Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Fajria, Alumni Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Alumni Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

References

AASTHO, (1990), Standard Specification for Transportation Materials and Methods of Sampling and Testing, 15thed, AASHTO. Washington DC.

Anonim, (2010), Spesifikasi Umum Direktorat Jenderal Bina Marga Edisi 2010 Revisi 3 (2014).Kementrian Pekerjaan Umum,Indonesia.

Anonim, (2010), Spesifikasi Umum Direktorat Jenderal Bina Marga 2010. Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta.

Ansyori, Al., (2005), “Model Korelasi Lama Perendaman Pada Campuran ATB (Asphalt Treated Base) Terhadap Stabilitas Marshall”. Malang : Universitas Muhammaddiyah.

Ardian, dkk., (2016), “Pengaruh Bitumen Modifikasi Polimer Ethylene Vinyl Acetate (EVA) Pada Asphalt Concrete Terhadap Karakteristik Marshall”. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Bukhari dan saleh, (2007), “Rekayasa Bahan dan Tebal Perkerasan”. Aceh : Universitas Syiah Kuala.

Carla.V., dkk, (2015), “Pengaruh Suhu dan Durasi Terendamnya Perkerasan Beraspal Panas Terhadap Stabilitas dan Kelelehan (Flow). Manado : Universitas Sam Ratulangi.

Harinaldi, (2005), Prinsip-prinsip Statistik. Jakarta: Erlangga.

Iqbal, dkk., (2018), “Pengaruh Lama Rendaman Kotoran Sapi Terhadap Durabilitas Campuran Aspal Beton Menggunakan Aspal Pen.60/70 Yang Di Substitusi Limbah Ethylene Vinyl Acetate (EVA)”. Aceh : Universitas Syiah Kuala.

Kerb, RD and Walker, RD., (1971), “Highway Materials, McGraw Hill Book Compan”. USA :Virginia Polytechnic Institute and State University.

Sistra, dkk., (2016), “Analisis Karakteristik Modifikasi Aspal Penetrasi 60/70 Dengan Ethylene Vinyl Acetate (EVA)”. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Standar Nasional Indonesia (SNI). (2011), Metode, Spesifikasi dan Tata Cara Pengujian Aspal. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.

Standar Nasional Indonesia (SNI) (1991), Metode Pengujian Campuran Aspal Dengan Alat Marshall (SNI 06-2441-1991). Jakarta

Sukirman. S., (2003), “Beton Aspal Campuran Panas”. Bandung : Penerbit Granit.

Sukirman. S., (1999), “Perkerasan Lentur Jalan Raya”. Bandung : Penerbit Nova.

Whiteoak, D., (1991).“The Shell Bitumen Handbook”.Thomas Telford.

Ziannur. F., (2018), “Karakteristik Substitusi Limbah Ethylene Vinyl Acetate (EVA) Pada Campuran Laston Lapis Aus (AC-WC) Terhadap Lama Waktu Rendaman”. Aceh : Universitas Almuslim.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Iqbal, D., & Ramadhani, F. (2022). Karakteristik Campuran Aspal Beton Dengan Substitusi Limbah Ethylene Vinyl Acetate Menggunakan Gradasi Terbuka. Jurnal Rekayasa Teknik Dan Teknologi (REKATEK), 6(1), 35–39. https://doi.org/10.51179/rkt.v6i1.1042