Evaluasi Kinerja Simpang Tak Bersinyal Berdasarkan Metode PKJI 2014

Authors

  • Kumita Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia
  • M. Haykal Alumni Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51179/rkt.v6i1.1015

Keywords:

Simpang Empat Tak Bersinyal, Kapasitas, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan

Abstract

Abstrak : Pertumbuhan kendaraan bermotor di Aceh dari tahun ke tahun selalu bertambah sedangkan kapasitas jalan tidak berkembang, oleh sebab itu sering terjadi kemacetan dimana-mana. Kedisiplinan dari setiap pengguna jalan juga berperan penting dalam mengatasi kemacetan di jalan raya. Hal ini disebabkan karena tidak sedikit para pengguna jalan yang tidak sabar dalam berkendara karena ingin sampai di tujuan masing-masing. Simpang jalan merupakan tempat terjadinya konflik lalulintas. Untuk mengetahui permasalahan dan solusinya, maka dilakukan penelitian kinerja simpang dengan menggunakan analisa metode PKJI 2014. Pengumpulan data primer meliputi kondisi geometrik persimpangan dan volume lalulintas sedangkan data sekunder ialah Peta Jaringan Kab. Bireuen dan Jumlah Penduduk Kabupaten Bireuen. Dalam menganalisa kinerja persimpangan dengan menggunakan Metode PKJI (Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia) 2014 yang meliputi Kapasitas, Derajat Kejenuhan serta Tingkat Pelayanan yang dilihat berdasarkan nilai rasio volume dan kapasitas. Berdasarkan hasil penelitian dengan adanya variasi jumlah kendaraan yang melintasi simpang dari lengan major maupun minor. Kinerja simpang saat ini masih dalam zona kurang stabil, hal ini terlihat dari nilai derajat kejenuhan melebihi seperti halnya tundaan relatif tinggi dan peluang terjadinya antrian sangat besar sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dan kesemrawutan lalu lintas terutama pada hari minggu dengan volume arus lalulintas yaitu (Q) sebesar 2449 skr/jam pada lebar pendekat B dengan derajat kejenuhan 0,83 < Ds = Maks 0,85. Secara umum kapasitas dan tingkat pelayanan pada ruas simpang Geudong-geudong pada saat ini tahun 2020 masih dalam arus zona kurang stabil, tapi pengendara tetap harus mengurangi kecepatan saat melewati simpang tersebut.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Kumita, Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

M. Haykal, Alumni Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

Alumni Prodi Teknik Sipil Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Bireuen, Indonesia

References

Direktorat Jenderal Bina Marga, (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga, (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia.Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta

Djorebe, Frensnik Nofed (2017) ” ANALISIS SIMPANG BERSINYAL DENGAN METODE PKJI 2014 (Studi Kasus Pada Persimpangan Empat Jalan Affandi, Ring Road Utara, Dan Jalam Anggajaya 1, Condong Catur, Sleman, Daerah Istimewah Yogyakarta)”. S1 thesis, UAJY.

Khisty C.J dan Lall B.K. (2003). “Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi (Jilid 1)”. Erlangga, Jakarta.

Khisty C.J dan Lall B.K. (2003). “Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi (Jilid 2)”. Erlangga, Jakarta.

Leni Sriharyani, M. Nur Hidayat, (2017) “ Analisa Arus Kendaraan Terhadap Kinerja Simpang Tak Bersinyaldengan Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 (Studi Kasus Simpang Tiga Pasar Punggur Lampung Tengah). e-ISSN; 2548-6209p-ISSN ; 2089-2098 TAPAK Vol. 6 No. 2 mei 2017, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah.

Sukarno, dkk, (2003) Penentuan Gap di Suatu Simpang Tiga Dengan Rambu. Yield atau Rambu Stop, Jurnal Teknik Sipil Vol 4 No. 1.

Teknik Sipil Universitas Widyagama, (2008). Rekayasa Lalu-lintas. Teknik Sipil Universitas Widyagama.

Warpani, S. P. (2002), “Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan”, ITB,Bandung.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Kumita, K., & Reza, M. haykal. (2022). Evaluasi Kinerja Simpang Tak Bersinyal Berdasarkan Metode PKJI 2014. Jurnal Rekayasa Teknik Dan Teknologi (REKATEK), 6(1), 1–7. https://doi.org/10.51179/rkt.v6i1.1015