PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN SERTA IMPLEMETASI LESSON STUDY BAGI GURU PAUD DI TK NEGERI RUHUL FATAH DAN TK NEGERI IDHATA KABUPATEN BIREUEN PROPINSI ACEH
DOI:
https://doi.org/10.51179/pkm.v1i2.97Keywords:
Pelatihan, Implementasi, Lesson Study, Guru PAUDAbstract
Perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) semakin pesat, terlihat dari jumlah Sekolah PAUD yang semakin bertambah, baik di tingkat kecamatan ataupun Kabupaten Bireuen. Umumnya guru pengajar di PAUD tidak berkualifikasi S-1 PAUD dan masih banyak yang berlatar pendidikan beraneka ragam keilmuannya, bahkan tidak jarang ditemukan guru PAUD yang berpendidikan terakhir bukan S1 PAUD. Masalah ini juga dialami oleh TK Negeri Ruhul Fatah dan TK Negeri Idhata. Di karena pendidikan terakhir guru PAUD bukan S1 PAUD secara umum dapat diasumsikan kualifikasi kompetensi akademik kurang memadai. Hal ini mengakibat kurangnya pengetahuan guru dalam merancang kegiatan pembelajaran dalam menerapkan kegiatan bermain yang bersifat holistik, otentik dan bermakna. Menyikapi hal tersebut akan dilakukan pelatihan dan implementasi lesson study bagi guru PAUD bagi guru oleh TK Negeri Ruhul Fatah dan TK Negeri Idhata melalui kegiatan Program Kegiatan Kemitraan. Dengan adanya kegiatan lesson study di TK Negeri Ruhul Fata dan TK Negeri Idhata dapat mengispirasi guru PAUD lainnya di Kabupaten Bireuen untuk menerapkan lesson study sehingga pembelajaran yang diterapkan lebih menyenangkan bagi siswa AUD dan terciptanya kolegalitas guru PAUD dalam mengelola pembelajaran.