Pendampingan LSLC Menuju Caring Community Untuk Guru Bahasa Inggris Dalam Meningkatkan Hots Peserta Didik Di SMAN 2 Peusangan

Penulis

  • Misnar Misnar Universitas Almuslim
  • Silvi Listia Dewi Universitas Almuslim
  • Rohana Rohana Universitas Almuslim
  • Misnawati Misnawati Universitas Almuslim
  • Zuraini Zuraini Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/pkm.v4i1.248

Kata Kunci:

High Order Thinking Skill, Skill Writing, Learning Community, Caring Community

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk melatih guru bahasa Inggris dalam meningkatkan kemampuan high order thinking peserta didik pada skill writing melalui learning community menuju caring community. Pengabdian ini menggunakan rancangan berbasis lesson study yang dilaksanakan di SMAN 2 Peusangan. Subjek pengabdian terdiri dari 1 orang guru bahasa inggris dan peserta didik kelas II IPA 3 yang berjumlah 28 orang. Pelaksanaan pengabdian yaitu tahap pertama melalui workshop kepada guru bahasa inggris untuk sosialisasi pemahaman cara pelaksanaan pembelajaran berbasis lesson study yang dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Data yang digunakan dalam pengabdian ini adalah nilai tes peserta didik, observasi, field note dan dokumentasi, data dianalisis secara kualitatif yaitu persentase. Hasil pengabdian dan pelatihan menunjukkan bahwa HOTS (higher order thinking skill)peserta didik meningkat sebesar 90% yang diiringi dengan perubahan peningkatan sikap peserta didik menjadi lebih bertanggung jawab dan menghargai dengan cara saling asah asih dan asuh sebagai wujud caring community. Sedangkan untuk guru telah menunjukkan hasil profesionalisme melalui penerapan lesson study dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Misnar Misnar, Universitas Almuslim

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Almuslim

Silvi Listia Dewi, Universitas Almuslim

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Almuslim

Rohana Rohana, Universitas Almuslim

Guru Pelajaran Bahasa Inggris pada  SMAN 2 Peusangan Kec. Peusangan Kab. Bireuen

Misnawati Misnawati, Universitas Almuslim

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Almuslim

Zuraini Zuraini, Universitas Almuslim

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Almuslim

Diterbitkan

2022-06-06

Cara Mengutip

Misnar, M., Dewi, S. L., Rohana, R., Misnawati, M., & Zuraini, Z. (2022). Pendampingan LSLC Menuju Caring Community Untuk Guru Bahasa Inggris Dalam Meningkatkan Hots Peserta Didik Di SMAN 2 Peusangan. RAMBIDEUN : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 4(1). https://doi.org/10.51179/pkm.v4i1.248

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama