PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
DOI:
https://doi.org/10.51179/pkm.v7i3.3046Abstrak
Pelatihan penggunaan media komik untuk meningkatkan literasi dan kemampuan pemecahan masalah siswa dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 4 Peusangan dengan tujuan membantu guru menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif, menarik, dan efektif. Kegiatan ini melibatkan guru dari berbagai mata pelajaran dengan pendekatan berbasis teori, praktik langsung, dan simulasi pembelajaran menggunakan media komik. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam merancang dan menghasilkan komik pembelajaran yang relevan dengan kurikulum. Sebanyak 15 guru berhasil menyelesaikan komik mereka dan mengimplementasikan media ini dalam simulasi pembelajaran. Dampaknya, siswa menunjukkan peningkatan motivasi belajar, kemampuan literasi, dan pemecahan masalah melalui pendekatan visual dan naratif yang dihadirkan dalam komik. Kendala yang dihadapi selama pelatihan meliputi keterbatasan fasilitas teknologi, variasi kemampuan guru, dan waktu yang terbatas. Namun, kendala ini dapat diatasi dengan pendampingan intensif, penggunaan aplikasi sederhana, dan kerja sama antar peserta. Luaran kegiatan berupa komik pembelajaran, modul pelatihan, dan pembentukan kelompok diskusi guru sebagai upaya keberlanjutan. Pelatihan ini memberikan dampak positif yang signifikan, baik bagi guru, siswa, maupun sekolah, serta membuka peluang untuk pengembangan inovasi pembelajaran serupa di masa depan.
Kata Kunci: media komik; literasi; pemecahan masalah siswa
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 RAMBIDEUN : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


